Sosial & Budaya

Desa Habau Calon Juara Desa P2WKSS

MediaCenter,Tabalong – Desa Habau,Kecamatan Banua Lawas mendapat Kunjungan dari Tim PKK Provinsi Kalimantan Selatan dalam Pembinaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Kelurga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Berlokasi di Kantor Desa Habau, Rabu , (24/4) Kedatangan tim PKK Provinsi Kalimantan Selatan disambut dan didampingi oleh TP PKK Kabupaten Tabalong, Kader serta tim Pokja di Kabupaten Tabalong beserta pejabat terkait lainnya.

Karmiani selaku tim pembina P2WKSS dari Kabupaten Tabalong mengatakan terpilihnya desa Habau dalam pembinaan dan penilaian ini karena memiliki potensi dalam meningkatkan perekonomian yang dimulai dari keluarga dan lingkungan kemudian masyarakat didesa tersebut.

“ Melihat dari hasil evaluasi penilaian terbaik dari seluruh desa di 12 kecamatan, Desa Habau ini memiliki sumber daya alam dan lingkungan yang dapat dimanfaatkan, seperti pohon Aren (Kolang Kaling) dan Purun, “ katanya.

Lebih lanjut menurutnya, dengan adanya program P2WKSS ini bisa menjadi sarana  minimal sebagai panduan untuk pemberian gagasan kepada masyarakat, untuk lebih tahu apa yang bisa dilakukan agar menjadikan keluarga lebih sehat dan lebih sejahtera.

“Saya berharap, Tahun ini melalui Desa Habau bisa mendapatkan lagi kategori terbaik utama ditingkat provinsi , ini sebagai bentuk mempertahankan juara, dimana dari tahun sebelumnya kita sudah mendapatkan penghargaan tersebut.” Tambah Karmiani yang juga menjabat sebagai Kabid Pemberdayaan Perempuan Dinas DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Titik Haryanti, Kepala Bidang Kualitas Hidup perempuan dan Keluarga  Dinas pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel mengatakan dalam penilaian P2WKSS sendiri memiliki 85 instrumen indikator yang terdiri dari beberapa bidang diantaranya kesehatan,agama, pendidikan, informasi telekominikasi dan kesehatan.

Dari sekian indikator tersebut, ada kriteria yang harus dipenuhi dalam  pelaksanaannya seperti peningkatan ketahanan keluarga, adanya tanaman toga disekitar rumah, adanya peternakan dan pertanian.

“Di desa Habau ini sudah ada itu, ini sebagai tambahan potensi selain adanya dukungan dari kader sebagai penggerak utama untuk desa P2WKSS. “ Pungkasnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas