Sosial & Budaya

Program KB sukses Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk

MediaCenter,Tabalong – Dalam rangka mengendalikan serta menuju pertumbuhan penduduk yang seimbang, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan KB (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong menggelar Rapat Kerja Daerah program Kependudukan ,Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga (KKBPK) Tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2019.

Hal tersebut menjadi tujuan dalam menyamakan persepsi terkait program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dengan SKPD terkait.

Bertempat di Gedung Pusat Informasi, Selasa (23/4) kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Tabalong yang diwakili oleh Plt Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Sarjono selaku Plt.Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong menyampaikan untuk mensukseskan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga, saat ini pemkab fokus pada Kampung KB. Terutama untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

”Kita masih ada PR, karena belum semua BKN berjalan sesuai program,” ujar PLT Kepala DP3AP2KB, Sarjono.

Dirinya menambahkan tahun ini melalui kampung KB  yang di bina mudah – mudahan dari 24 kampung KB yang ada bisa menjadi pelopor untuk 131 desa, “Oleh karenanya agar BKN kita bisa menjadi lebih baik, ini kita fokuskan ke kampung KB dulu”. Jelasnya.

Program KKBPK merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2014-2019, dimana program ini fokus pada lima sasaran  pengendalian kependudukan, yakni laju pertumbuhan penduduk, angka kelahiran, pemakaian alat kontrasepsi modern, kebutuhan ber KB yang terpenuhi, dan angka kelahiran pada remaja.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri Kabid dan Kesehatan Retriduksi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Pengurus TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, Koordinator KB serta Bidan Faskes se-Kabupaten Tabalong serta perwakilan SKPD terkait.(MC Tabalong/Sy).

Ke Atas