Ekonomi & Bisnis

H Mawardi Hadiri Field Day Pemanfaatan Pupuk Organik Hayati

Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi didampingi Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Johan Norefendi, menghadiri acara Field Day Pemanfaatan Pupuk Organik Hayati (POH) pada Tanaman Cabe kerjasama PT SIS-Adaro dengan Dinas Pertanian setempat yang berlokasi di PBB Bintang Ara, Kamis (18/4/2010).

Dihadapan para pertani H Mawardi berkata, enam persen penduduk Kabupaten Tabalong mata pencahariannya adalah dibidang pertanian.

Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Maka permintaan akan sarana produksi terutama pupuk juga mengalami peningkatan.

” Hal ini apabila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan permasalahan bagi peningkatan produksi,”katanya.

Untuk itu, Pemerintah Tabalong melalu stakeholder terkait melakukan berbagai upaya agar petani bisa beralih ke pupuk organik dan tidak tergantung pada pupuk anorganik terutama yang bersubsidi.

Salah satunya, keberhasilan pemanfaatan pupuk organik hayati pada tanaman cabe. Hal ini juga merupakan bukti keberhasilan dalam melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik hayati bagi kelompok tani dan penyuluh pertanian.

Terkait dengan peningkatan produksi melalui fasilitasi penyediaan pupuk, H Mawardi meminta, agar petugas pendamping kelompok tani terus mendorong penggunaan pupuk organik.

” Pupuk organik yang sudah dibuat oleh petani sendiri agar bisa dilakukan manfaatkan, guna mengurangi penggunaan pupuk anorganik,” katanya.

Selain itu, penggunaan pupuk organik dapat membantu beban subsidi pupuk yang ditanggung pemerintah sekaligus untuk menekan biaya produksi. (Irwin Apriadi)

Ke Atas