Politik & Hukum

Tarik Perhatian Pemilih, Anggota KPPS Gunakan Pakaian Adat Banjar

MediaCenter,Tabalong – Pesta Demokrasi, Pemilihan presiden dan anggota legislatif yang   berlangsung pada hari ini serentak dilaksanakan di seluruh indonesia.  Segala sarana  prasarana untuk para pemilih sudah dipersiapkan salah satunya tempat pemungutan suara (TPS).

TPS 07 yang berlokasi di Kabupaten Tabalong, tepatnya di Komplek Citra Persada Indah,Kelurahan Mabuun, tampil dengan gaya berbeda, dimana para petugas melayani pemilih dengan menggunakan pakaian khas Banjar. Para petugas di TPS menggunakan pakaian adat, dari pintu masuk hingga di dalam TPS.

Salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Beni Widodo mengatakan ide memakai pakaian adat ini karena ingin berbeda dari TPS lainnya juga sekaligus memeriahkan pemilu ini agar para pemilih lebih antusias untuk datang.

 “Jadi selain untuk menarik perhatian para pemilih, kita sebagai anggota KPPS bangga dengan pakaian yang kita kenakan, ini salah satu bukti kita mencintai adat sendiri, ” kata Beni.

Adapun keunikan TPS 07 tersebut dilakukan, ujar Beni untuk mempertegas keberagaman budaya indonesia. Selanjutnya, melihat reaksi warga yang datang, kebanyakan mereka sangat senang,” Saya melihat sendiri dari para pemilih mereka lebih bersemangat, dan ini yang kita harapkan, dan ini salah satu cara menunjukan bahwa kita beragam.” Jelas Beni.

Sejak dibuka pada pukul 07.30 pagi, setidaknya sudah 50 warga yang mencoblos di TPS 07 Kelurahan Mabuun ini, dimana keseluruhan dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) ada 193 orang. Dengan dibuatnya TPS unik ini, Beni mengharapkan para pemilih agar bisa memberikan hak suaranya dan tidak memilih golput sesuai tema yakni “ Jangan Golput Cari Yang Berkualitas.

“Harapan kami selaku panitia TPS supaya warga datang dan memberikan hak pilih, jangan golput,” harapnya.

Sementara itu, Muna sebagai masyarakat sangat antusias dengan dibuatnya TPS yang seluruh panitianya menggunakan pakaian adat khas Banjar. Ia menginginkan, agar setiap tahunnya TPS ini bisa memberikan hal unik agar menarik warganya untuk semangat mencoblos.

“Maunya selanjutnya setiap pemilu kaya gini, antusias masyarakat jadi semangat dan ini sangat meramaikan kami sebagai pemilih.” Pungkas Muna. (MC Tabalong/Said).

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top