Khas Daerah

Anakan Kelapa Menjadi Tanaman Bernilai Tinggi

MediaCenter,Tabalong – Bagi sebagian orang mungkin menganggap anakan kelapa bukan benda yang bernilai ekonomis tinggi, namun di tangan Agus Setiawan, pria asal Kecamatan Upau, anakan kelapa bisa disulap menjadi tanaman bernilai tinggi, Senin (15/4/2019)

Dia memanfaatkan kelapa untuk membuat tanaman hias yaitu bonsai kelapa. Menurutnya, pohon kelapa dipilih karena kelapa adalah pohon yang mudah tumbuh di mana saja dan mudah dibudidayakan.

Agus setiawan mengatakan sejak tahun 2018 sudah mulai membudidayakan bonsai kelapa, proses  pembelajaran dari beberapa teman dan media sosial.

“Saya menjual kelapa bonsai seharga ratusan ribu sampai satu juta rupiah per pohon, ukurannya makin kecil maka harganya pun semakin mahal. Bentuk yang unik juga mempengaruhi harga jual tanaman bonsai kelapa,” tuturnya

Perawatan bonsai kelapa sangat mudah cukup dengan menyiramnya setiap hari sekali biasanya yang dilakukan pada pagi hari dan saat ini penjuaman bonsai kelapa hanya seputaran Kalimantan Selatan.

Bahan baku pembuatan Kelapa bonsai ini bisa menggunakan berbagai jenis tanaman kelapa. Termasuk kelapa hibrida, gading, dan sayur. (MC Tabalong/Mona)

Ke Atas