Kesehataan

Tertinggi Se-Kalsel, Tabalong Anggarkan Miliaran Dana Untuk Obat-Obatan

MediaCenter,Tabalong – Komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, ditunjukan dengan besarnya alokasi dana APBD untuk ketersediaan obat di Kabupaten Tabalong.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie ketika menghadiri pelantikan pengurus cabang Ikatan Apoteker Indonesai Se-banua enam di Wisma Tamu, Pendopo Bersinar, Pembataan, Sabtu (13/4).

“Yang kita gunakan tahun 2019, untuk penyediaan bahan obat-obatan kurang lebih empat miliar, itu murni dari APBD, dan setiap tahunnya nominal ini akan terus mengalami peningkatan.” Katanya.

Angka empat miliar rupiah ini pun menjadi dana terbesar jika dibandingkan dengan alokasi dana di kabupaten lain Se-Kalimantan Selatan.

Menurutnya, tingginya alokasi dana ini adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam menyediakan pelayan kefarmasian yang prima bagi seluruh elemen masyarakat Tabalong.

Tidak hanya dari sisi penganggaran, dari sisi fasilitas, Tabalong juga telah memiliki apotek sebanyak 22 apotek yang mana juga terbanyak se-banua enam.

“Dari apotekernya sendiri ada sekitar 43 tenaga apoteker yang tersebar di berbagai unit pelayan baik itu pemerintah maupun swasta.” Tambah Kadis Kesehatan Tabalong.

Tingginya kepedulian Pemda Tabalong dengan ketersediaan obat-obatan di Tabalong ini pun sangat membantu keberlangsungan pekerjaan para apoteker. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker  Indonesia Kalimatan Selatan, Surya Wahyudi.

“Tentu ini sangat membantu, Kabupaten Tabalong sangat care dengan ketersediaan obat untuk pelayanan kesehatan. Karena kita tahu ketersediaan obat adalah salah satu indikator suksesnya pelayan kesehatan khusunya kefarmasian” Katanya.

Bahkan , Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani  saat memberikan sambutan dihadapan para apoteker mengatakan untuk lebih memudahkan akses masyarakat terhadap obat-obatan. Pemerintah Kabupaten berencana akan menambah jumlah apotek agar ada di setiap kecamatan hingga ke desa-desa. (MC Tabalong/Gilang).

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top