Sosial & Budaya

Tabalong Terbaik Dalam Pengelolaan Kependudukan dan KB

MediaCenter,Tabalong – Di hadapan Tim dari Kementrian KB  dan BKKBN Provinsi, Bupati Tabalong memaparan keberhasilan Kabupaten Tabalong dalam mengatur kependudukan di Bumi Sarabakawa.

Dalam paparannya Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani mengtakan dalam lima tahun terakhir, Kabupaten Tabalong telah berhasil meningkatkan jumlah partisipasi pengguna KB lebih dari 50%.

Hal ini tentunya menjadi sebuah peningkatan yang sangat signifikan mengingat lima tahun sebelumnya, partisipasi KB di kabupaten Tabalong dibawah 50 persen.

Peningkatan ini didasari juga karena  terobosan dari pemda Tabalong dengan menyediakan pelayanan KB gratis ditambah adanya mobil pelayanan KB yang berkeliling kabupaten untuk menyasar daerah-daerah yang mengalami kesulitan akses.

Tidak hanya itu, setiap tahunnya pemerintah kabupaten Tabalong juga terus meningkatkan jumlah insentif yang diberikan kepada para kader KB, dari awalnya tahun 2014 alokasi dana untuk insentif kader  sejumlah Rp.417 Juta menjadi Rp.1,4 Miliar di tahun 2018.

“Bagaimana kita mewujudkan norma keluarga kecil yang sejahtera, jadi buat apa kita mengendalikan kelahiran menekan pertumbuhan penduduk kalau kesejahteraannya tidak kita lakukan.” Katanya ketika menyampaikan paparannya di Wisma Tamu, Pembataan, Selasa (8/4).

Keberhasilan kabupaten Tabalong dalam meningkatkan partisipasi KB pun berujung dengan mengalami meningkatnya IPM Tabalong ke 70,11 yang mana merupakan tertinggi ketiga se kalimantan Selatan.

Hal – hal tersebutlah yang menjadikan Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani akan mendapatkan penghargaan Satya Lancana Pembangunan bidang kependudukan.

Sepeti yang dikatakan oleh Kepala bidang KB dan Kesehatan Reproduksi  BKKBN Provinsi,  H. Ramlan yang mengatakan bahwa Tabalong sudah bisa disejajarkan dengan kota seperti banjarmasin dan banjarbaru dalam pengelolaan KB.

“Alhamdulillah, Tabalong juga sangat bagus sekali.” Katanya.

Dan setelah mendengarkan ekspose dari Bupati Tabalong yang berkaitan dengan Kependudukan dan KB, Tim penilai yang terdiri dari Kementrian KB , dan BKKBN Provinsi akan meninjau langsung kampung KB yang ada di Tabalong. (MC Tabalong/Gilang).

Ke Atas