Ekonomi & Bisnis

Pelunasan BPIH Haji 2019, Bisa Lewat Non Teller

MediaCenter,Tabalong –  Sosialisasi yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong terkait tata cara pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dan penyampaian informasi terbaru tetang kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1440 H,Selasa (26/3) mendapat perhatian dari ratusan calon jamaah asal Tabalong.

Bertempat di Auditorium Islamic Center Kabupaten Tabalong, dalam sosialisasi ini materi yang diberikan tidak hanya mengenai tata cara pembayaran pelunasan haji,tetapi juga adanya sosialisasi terkait bimbingan ibadah dan bagaimana melayani ibadah haji sesuai standar.

Kini Tahun 2019, untuk membantu dalam proses pembayaran calon jemaah haji sekarang bisa melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji lewat setoran BPIH Non Teller yakni ATM, internet banking, mobile banking.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Tabalong,  H. Nabhan Fansuri mengatakan pelunasan tahun ini berbeda pada tahun sebelumnya,  karena bisa dilakukan secara Non Teller. 

“Jadi sosialisasi ini sebagai informasi kepada calon jemaah haji bahwa pelunasan sekarang bisa lewat ATM,hal ini salah satu cara dalam untuk mempermudah pelunasan,jadi tidak perlu lagi repot untuk mengantri ke Bank. “Kata Nabhan.

Menurut Nabhan, waktu untuk pelunasan sudah ditetapkan, adapun  tahap satu dimulai tanggal 19 Maret  sampai 15 April,  pelunasan tahap kedua  tanggal  30 April sampai 10 Mei 2019, sedangkan  untuk calon jemaah haji secara nasional harus memasuki asrama direncanakan tanggal 5 Juli 2019.

Sebagai informasi ,  calon jemaah haji yang sudah terdaftar untuk berangkat pada tahun 2019 sebanyak dari jumlah 442 orang, adapun kisaran biaya  pelunasan BPIH emberkasi Banjarmasin  sesuai Keputusan Presiden No 8 tahun 2019 biaya haji dikenakan sebesar Rp 37.885.084,-.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong melalui perwakilannya turut mensosialisasikan kepada seluruh calon jemaah haji,  agar sebelum dan saat melaksanakan ibadah haji bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, buah dan minum air putih yang cukup. (MC Tabalong/Muna)

Ke Atas