Pemerintahan

Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara ke Dinas Pendidikan Tabalong

MediaCenter, Tabalong – Kunjungan anggota DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dalam rangka studi komperatif terkait alokasi penerimaan peserta didik, dan kenaikan gaji berkala guru secara online, di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Selasa (26/3/2019).

Tujuan dari kunjungan ini membahas tentang studi banding bagaimana penerimaan perserta didik jika kuota sekolah sudah terpenuhi, dan permasalahan layanan usul KGB masih dalam bentuk manual beralih pada bentuk online. Rombongan yang terdiri dari 6 orang tersebut di pimpin oleh ketua komisi II DPRD Panajam Paser Utara (PPU) Syamsudin Alie.

Herwandi, selaku seketaris Dinas Pendidikan Tabalong mengatakan, bahwa Disdik mempunyai situs web yang disebut “Si Langkar”, Sistem Informasi LAyanan keNaikan Gaji berKAla guRu (Si Langkar) Online.

“Kami menjawab surat dari anggota DPRD Penajam Pasir Utara, jadi ketika menerima surat dari mereka kami mempersiapkan diri, kami juga merasa bangga aplikasi kami dikunjungi oleh orang luar,” bebernya.

Aplikasi Si Langkar membantu dalam mempercepat usulan kenaikan gaji berkala guru maupun mempercepat penerbitan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Gaji Berkala bagi guru. Si Langkar dapat di akses melalui silangkar.tabalongkab.go.id

Anggota DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara, mengatakan jika memang mereka ingin belajar karena kewilayahan tidak jauh berbeda. Pemecahan masalah atau solusinya adalah melakukan transformasi sistem proses kerja secara manual ke sistem yang berbasis elektronik yaitu melalui Sistem Informasi LAyanan keNaikan Gaji berKAla guRu (Si Langkar) Online.

“Dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Tabalong, ini merupakan apresiasi yang kami anggap luar biasa, sehingga kami akan coba menerapkan di daerah kami.” tambahnya

Sementara itu, pembahasan tentang alokasi penerimaan peserta didik, Herwandi menjelaskan bahwa harus adanya penyesuaian peraturan pemerintah. Jadi semuanya, baik orang tua peserta didik dan sekolah harus memahami peraturan pemerintah yang sudah berlaku.

“Tidak berebut untuk masuk sekolah favorite. Pihak sekolah harus benar-benar menjalankan peraturan tentang penerimaan perserta didik.” ujarnya.

Selain untuk studi banding, kunjungan ini juga merupakan silaturahmi antara DPRD PPU dengan Disdik Tabalong, untuk menjalin hubungan yang baik. (MC Tabalong/Maimun). 

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top