Pedidikan

179 Peserta Didik Yayasan Hasbunallah Plus Gelar Khotaman dan Imtihan Al Qur’an Metode Ummi

SD, SMP, SMA Hasbunallah Plus.

MediaCenter,Tabalong – Sebanyak 179 peserta didik yang terdiri dari SD,SMP dan SMA Hasbunallah Plus mengikuti Khotaman dan Imtihan Al-Qur’an Metode Ummi yang dilaksanakan di Gedung Sarabakawa. Kamis (21/3/2019).

Peserta didik yang dinyatakan lulus dan bisa mengikuti Khotaman, sebelumnya sudah diuji oleh sejumlah penguji Ummi Foundation Surabaya mengenai pembelajaran Tartil, Tahfiz, dan Turjunan. Dari jumlah peserta didik yang dinyatakan lulus Khataman, diuji lagi materi Tartil, Tahfiz dan Turjunan dari undangan yang hadir. Sedangkan, materi Tartil Al-Quran yang diujikan yaitu penguasaan ilmu Tajwid dan falsafah, sedangkan materi tahfiz meliputi juz 30 dan juz satu, dan materi turjunan sebagai pemahaman, penterjemah Al-Quran, bacaan doa di dalam sholat, pemahaman makna Hadis, dan menulis ayat-ayat yang dihafal.

Ketua Yayasan Hasbunallah Tri Susilo, mengatakan dengan kegiatan ini nantinya agar bisa mengedepankan dan menerapkan Al-Qur’an,  salah satunya dengan Metode Ummi. Peserta didik wajib membaca Al-Qur’an setiap hari selama 60 menit di sekolah.

“Jadi tujuan dari Khataman ini untuk membangun generasi yang Qur’ani. Selain itu peserta didik diharap mampu meningkatkan kemampuan Tartil Tahfiz dan Turjunan sesuai yang telah di ajarkan di sekolah, ujar Tri Susilo.

Tujuan lain dari kegiatan ini, kata Tri Susilo sebagai laporan lembaga kepada orang tua peserta didik dan masyarakat Tabalong, terkait target lembaga  yang sudah dicapai dalam pendidikan bernuansa Islami dan Agamis.

Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Bupati Tabalong yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tabalong Hj. Munawarah, dalam sambutan tertulisnya Bupati menginginkan anak-anak selalu tekun dan konsentrasi dalam penghafalan Al-Qur’an.

“Melalui kegiatan ini  kita dapat mengukur seberapa jauh ke majuan yang telah diraih oleh anak-anak kita dalam membaca Al-Qur’an dengan fasih, baik, dan benar.” Tuturnya.

Menurutnya,  Khotaman dan Imtihan Al-Qur’an adalah  kegiatan salah satu visi misi dari Kabupaten Tabalong yakni menuju Kabupaten Tabalong yang lebih Agamis, Sejahtera dan Mandiri.

Salah satu orang tua murid SD Hasbunallah Plus, Nurhuda mengaku terharu dan bangga karena bisa melihat anaknya dapat menjawab pertanyaan seputar Tajwid dihadapan orang banyak pada saat acara berlangsung. “Ini menjadi kebanggaan saya sebagai orang tua, dapat melihat langsung anak saya membaca dan menjawab pertanyaan seputar Al-Quran, ini sebagai bukti anak saya layak diikutkan dalam Khataman ini. Pungkas Nurhuda. (MC Tabalong/Siti).

Ke Atas