Sosial & Budaya

Surat Suara Tiba, Puluhan Mahasiswa STIA Tabalong Lakukan Pelipatan Kertas Suara

MediaCenter,Tabalong – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Tabalong  mulai melakukan pelipatan surat suara dengan mengerahkan puluhan mahasiswa STIA Tabalong.

Bertempat di Aula STIA Tabalong,Kamis (21/3) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan mahasiswa  STIA melakukan kegiatan pelipatan dan sortir surat suara ,dimana jumlah Mahasiswa STIA yang terlibat dalam melakukan  pelipatan dan sortir  kertas suara  lebih dari 50 orang.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pelatihan singkat bagaimana cara melipat surat suara yang baik dan benar ,selain itu  agar tidak meganggu proses pembelajaran mereka ,kegiatan pelipatan sudah disesuaikan dengan jadwal kuliah.

“Mahasiswa diajari dulu cara melipatnya, mahasiswa ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu pagi dan siang, yang melipat pagi adalah para mahasiswa yang jadwal kuliah pada sore hari sedangkan yang melipat sore adalah yang kuliah pada pagi hari,” ujar Ibram Syah selaku Kasubag Keuangan Umum dan Logistik Sekretariat KPU.

Menurut, Ibram Syah  untuk target pengerjaan ini dilaksanakan selama sepuluh hari saja. ” Jadi tugas  mahasiswa sendiri  melipat surat suara yang berjumlah hampir 543.880 ribu lembar itu setiap hari pelipatan ditargetkan selesai dengan waktu yang ditetapkan, harus selesai dalam sepuluh hari ke depan,” tambah Ibram Syah.

Adapun jumlah surat suara sendiri yang dilipat terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPD dan surat suara pemilu DPR Dapil Kalimantan Selatan 1 serta surat suara Pemilu DPRD Provinsi Dapil Kalimantan Selatan masing masing berjumlah 179.675 lembar. Sedangkan untuk surat suara Pemilu DPRD Dapil 1 berjumlah 42.919 lembar, Dapil 2 berjumlah 44.796 lembar, Dapil 3 59.611 dan Dapil 4 36.350 lembar. 

Lebih lanjut, dalam proses pengerjaan pelipatan surat suara ini tidak dilakukan perorangan tetapi dibagi perkelompok, dan diharapkan pelipatan dan sortir surat suara ditargetkan selesai seluruhnya  hingga pengepakan pada 5 April 2019 yang selanjutnya akan didistribusikan ke PPS di wilayah Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Mona)

Ke Atas