Politik & Hukum

Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPTb-2 Oleh KPU Kabupaten Tabalong

MediaCenter,Tabalong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengambil alih KPU Tabalong pada rapat pleno rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Kedua di Gedung Pusat Informasi, Rabu (20/3/2019).

Pengambilalihan ini dikarenakan Komisioner KPU Tabalong sejak tanggal 18 maret kemarin sudah memasuki Akhir Masa Jabatan (AMJ).

“Kami KPU Provinsi Kalsel betindak sebagai KPU Kabupaten Tabalong telah menyelesaikan rekapitulasi daftar pemilih tambahan atau pindahan yang terjadi di Kabupten Tabalong,” kata Ketua KPU Kalsel Sarmuji kepada awak Media Center Tabalong, Irwin Apriadi.

Lebih lanjut, Sarmuji mengatakan untuk 12 kecamatan sudah menyampaikan hasilnya dan itu sudah ada rekapnya bahwa ada tambahan DPTb, baik itu DPTb masuk maupun keluar.

Adapun untuk pengurusan DPTb setelah ini tidak bisa dilakukan lagi, kecuali pasien yang berada di rumah sakit. “Untuk pasien rumah sakit itu masih memungkinkan untuk menentukan hak pilihnya,” Tambah Sarmuji.

KPU Kalsel sendiri mengambil tindakan ke Tabalong atas dasar undang undang nomor 7 tahun 2017 pasal 555, dimana ketika terjadi kekosongan maka akan di ambil alih oleh KPU setingkat lebih tinggi.

” Karena ini kabupaten, maka KPU Provinsi yang mengambil alih, “bebernya.

Menurut Sarmuji kekosongan dikarenakan kemarin KPU Tabalong pada tanggal 18 maret 2019 sudah akhir masa jabatan (AMJ) dan kita melakukan fit and proper test pada tanggal 17.

“Hasilnya Fit And Proper Test sudah kita serahkan ke KPU RI, tinggal menunggu hasilnya saja siapa komisioner yang baru. ” Pungkasnya.(MC Tabalong/irwin).

Ke Atas