Sosial & Budaya

Pastikan Kesehatan,82 Calon Jemaah Haji Tabalong Lakukan Pemeriksaan

MediaCenter,Tabalong –  Sebanyak 82 calon jemaah haji gabungan Puskesmas Hikun dan Puskesmas Tanjung menjalani pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah menuju kondisi istitaah dimulai pendaftaran. Proses pengecekan kesehatan dilakukan sekurangnya tiga kali, Kamis (18/3/2019)

Pemeriksaan kesehatan terakhir dilakukan di bandara embarkasi untuk mengetahui laik tidaknya seorang jemaah haji berangkat ke Tanah Suci. Pemeriksaan penunjang seperti laboratorium terhadap darah, urine, dan rontgen, dilakukan untuk memastikan diagnosis yang akurat.

Dokter Umum Puskesmas Hikun, dr. Dina Mekka Ria mengatakan penderita dengan gangguan kesehatan berat dapat mengancam jiwa calon jamaah ketika memaksakan diri berangkat, karena calon jemaah haji harus menjalankan ibadah yang mengandalkan kekuatan fisik.

“Apabila dari kriteria diatas tetap berangkat menunaikan ibadah haji, seperti gangguan ginjal berat yang mengancam nyawa, pertolongan dengan hemogialisa susah, sehinga ditunda keberangkatanya tergantung hasil perkembangan penyakitnya,”jelasnya.

Selain itu calon jemaah yang memiliki penyakit tetapi dapat dilakukan terapi dalam 2 bulan, hingga penyakitnya dapat teratasi sebelum keberangkatan.(MC Tabalong/Mona)

Ke Atas