Ekonomi & Bisnis

Pemkab Tabalong Luncurkan Kredit Gerbang Emas

Tanjung,InfoPublik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Kalimantan Selatan meluncurkan program kredit tanpa bunga (0%) yakni Kredit Gerbang Emas (gerakan pembangunan menuju masyarakat sejahtera). Tahap awal, pinjaman ini ditujukan ke pedagang di Pasar Tanjung, sebelum menyasar pedagang se-Kabupaten Tabalong.


Pelaksana tugas Direktur Utama PT. BPR Tabalong Bersinar, Husin Ansari mengatakan kredit Gerbang Emas diberikan ke debitur dengan jangka waktu pembayaran selama tiga bulan. Menurutnya, Gerbang Emas sebuah skema kredit untuk menekan rentenir.


“Jadi sistem pembayarannya itu setiap hari. Sedangkan, kredit yang diajukan maksimal Rp 3 juta khusus untuk pedagang lapak,” ucap Husin kepada Media Center Tabalong, Irwin Apriadi saat kegiatan penyerahan Kredit Gerbang Emas di Pasar Tanjung, Selasa (12/03/2019).


Ia menambahkan, program Gerbang Emas menggandeng PT. BPR Tabalong Bersinar dan UPT Pasar Tanjung.


Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, menyebut selama ini banyak menerima laporan dari masyarakat soal aksi rentenir di Kabupaten Tabalong, selain pedagang di Pasar Tanjung. Oleh sebab itu, Anang mencoba program kredit Gerbang Emas dengan menyediakan kredit tanpa bunga.


“Untuk pedagang lapak maksimal Rp 3 juta. Tetapi kalau untuk Usaha Kecil Mikro itu bisa mencapai Rp 25 juta. Jadi termasuk pedagang di toko-toko yang ingin mengusulkan langsung ke BPR saja. Tanpa bunga cukup bayar administrasi, ” beber Anang Syakhfiani.


Ia berpesan debitor bisa memanfaatkan pinjaman ringan ini se-optimalnya. Anang mengimbau penerima kredit tidak bersikap konsumtif. Pihaknya akan mengevaluasi atas kucuran kredit ke pedagang. 


“Jangan sampai setelah dapat uangnya dibelikan sepeda motor bekas. Padahal usulan itu untuk berdagang,” katanya. (MC Tabalong/Iwin)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

321677
Users Today : 451
Users Yesterday : 567
This Month : 9034
Total Users : 321677
Views Today : 1975
Total views : 2109158
Who's Online : 7

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/