Pemerintahan

Tabalong Targetkan 49 Desa yang masih belum ODF

MediaCenter,Tabalong–2019. Tabalong targetkan 49 desa yang masih belum ODF (Open Defication Free) agar segera dituntaskan, dari hasil identifikasi melalui Dinas Kesehatan ternyata masih ada 3.620 yang masih belum memiliki tempat buang air besar (jamban).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kabupaten Tabalong, H. Taufiqqurahman kepada awak media usai gelaran pertemuan Evaluasi dan Perencanaan Program Kerja TUNTAS, di Aula Bappeda Kabupaten Tabalong,Kamis (21/2/2019).

Sebelumnya, tahun 2018 sendiri masih ada tersisa 19 desa yang belum ODF. Sedangkan tahun 2019 dari jumlah yang ditargetkan sebenarnya hanya 30 berhubung ada sisa di tahun sebelumnya maka di tambahkan dan menjadi 49 desa.

“Inilah perlu adanya gerakan kita Bersama, untuk melakukan akselarasi percepatan sehingga target ODF kita di tahun 2019 bisa terealisasi.” Ujar Taufiqurahman.

Untuk merealisasiakn dan mengkampanyekan target tuntas yang ingin dicapai, menurut Taufiq adanya kesadaran masyarakat untuk membuat jamban sendiri. Selain anggaran juga sangat dibutuhkan.

“Karena kita juga perlu target yang cepat selain dari kesadaran masyarakat dukungan semua sektor juga kita harapkan terutama dari pihak BPMPD untuk menggalang dari desa dalam menganggarkan dana desanya (ADD). Selanjutnya dari pihak swasta, perbankan juga kita harapkan.” Jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong, Sujadi mengatakan untuk capaian target di tahun 2019 bisa terwujud perlu adanya komitmen dan strategi di semua sektor terkait terutama dalam hal penganggaran dana.

“Maka adanya kegiatan ini, untuk mendiskusikan semuanya yang menyangkut pendanaan sendiri. Seandainya, tidak termasuk di APBD induk 2019 nanti akan kita bahas di TPAD pada saat perubahan APBD anggaran 2019.” Lanjutnya.

Menurut ia, kalau ini sudah menjadi komitmen dirinya berharap pada saat penyusunan penganggaran adanya dukungan pemda melalui TAPD “Mudah-mudahan legislatif juga bisa mendukung ini sehingga kalau ini sudah menjadi komitmen kita harapkan 2019 tuntas untuk masalah buang air besar bisa kita capai.” Pungkasnya. (Said)

Ke Atas