Pemerintahan

Evaluasi Kinerja, PDAM Tabalong Lakukan Inovasi dalam Tingkatkan Pelayanan

MediaCenter, Tabalong – Paparan Evaluasi Kinerja PDAM Kabupaten Tabalong selama lima tahun terakhir, Selasa (19/2/2019) yang dilaksanakan di Aula Penghulu Rasyid berisi pembahasan terkait kondisi PDAM Tabalong itu seperti apa dan kenyataaan sesungguhnya yang dihadapi dan bagaimana pengembangan untuk ke depannya.

Evaluasi kinerja dalam hal ini, PDAM Tabalong dipandang penting sebagai bagian untuk meningkatkan kinerja. Selain itu, dengan evaluasi ini nantinya ada persamaan persepsi antara PDAM dengan stakeholder terkait, bagaimana ke depannya dan  langkah-langkah konkrit apa yang harus dipersiapkan agar nantinya pengembangan PDAM Tabalong bisa terlihat.

Hal itu disampaikan Kepala PDAM Tabalong, Abdul Bahid saat diwawancarai awak Media.

Alhamdulillah dengan kegiatan ini kami mendapatkan masukan yang sangat berarti, tahu di mana kelemahan–kelemahan baik dari aspek keuangan, SDM, Pelayanannya serta aspek operasionalnya dan apa yang harus dilakukan itu semua terjawab di paparan evaluasi.” Ujar Abdul bahid.

Menurutnya, meski serba keterbatasan PDAM akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, “Jadi kami akan terus meningkatkan pelayanan, baik dari kuantitas, kualitas dan kontinuitas di mana hal tersebut merupakan kewajiban kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.” Lanjutnya.

Penjelasan lainnya, Abdul Bahid mengatakan meskipun masih dalam pembenahan, perbaikan kinerja itu sudah terlihat terbukti dengan hasil audit kinerja oleh BPP SPAM Kementrian PUPR, bahwa PDAM Tabalong sudah berada di posisi empat se-kalsel dan tingkat ke 136 se-Indonesia dari 400 PDAM di Indonesia.

“Ini adalah buah hasil dari kami PDAM Tabalong yang didukung oleh pemda,  Alhamdulillah dan sangat berterima kasih atas dukungan luar biasa ini, sehingga perbaikan akan terus kita lakukakan secara pelan-pelan,” tutur Abdul Bahid.

Lebih lanjut, PDAM Tabalong mentargetkan tahun 2020 agar mendapatkan posisi tiga besar di Kalsel, ”Kita terus berupaya dan meningkatkan kinerja kita, baik dari segi aspek pelayanan, keuangan, operasional dan SDM-nya. Sehingga apa yang di targetkan bisa tercapai.” Jelasnya.

Di acara yang sama Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutan mengatakan kegiatan ini sangat penting sebagai bagian untuk meningkatkan kinerja PDAM Tabalong.

Dirinya mengakui bahwa peningkatan pertumbuhan permintaan terhadap air bersih, dan pelayanan PDAM itu jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Tabalong.

“Maka dari itu saya berharap agar jajaran PDAM mulai membuka diri, karena di luar sana sudah terjadi perubahan yang luar biasa pesatnya, kalau kita tidak berubah! Sedangkan, di luar terjadi perubahan yang sangat cepat akhirnya PDAM akan ketinggalan, mulai sekarang PDAM sudah saatnya melakukan inovasi.” Pungkasnya. MC Tabalong/Said ack.�U5��.

Ke Atas