Pemerintahan

Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2019

MediaCenter,Tabalong – Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2019 yang dilakukan oleh program CSR  PT Adaro Indonesia bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Kabupaten Tabalong secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong , Syaiful Ikhwan ,Rabu (13/2) bertempat di Aula Balai Latihan Kerja.

Program ini merupakan pertama kalinya  dilaksanakan  oleh CSR PT Adaro 2019, dimana peserta sendiri yang ikut sebanyak 16 orang yang berasal dari empat desa dan ini merupakan tahap pertama dengan kejuruan hanya Las 3G.

Leni Marlena selaku CSR PT Adaro menjelaskan bahwa pelatihan berbasis kompetensi ini sangat penting bagi peserta pelatihan dalam memasuki MEA ( (Masyarakat Ekonomi Asean ).

“Selain mendapatkan pelatihan, peserta akan diuji kompetensi kembali yang dilakukan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Serang, dan ini menjadi sangat penting bagi mereka sebagai bekal mereka nanti untuk bersaing didunia pekerjaan, usaha bahkan nanti mereka bisa berwirausaha sendiri di daerahnya masing masing.”Kata Leni.

Lebih lanjut, Leni mengungkapkan bagi peserta pelatihan yang sudah lulus tidak menutup kemungkinan bisa magang di perusahaan yang sudah dikoordinasikan oleh BLK dan perusahaan tersebut, akan tetapi dilihat juga dari pendidikan dan hasil uji kompetensinya.

Sementara , dari Kepala Balai Latihan Kerja,  Suhartojo mengatakan bahwa perekrutan jumlah peserta ini semuanya dilakukan oleh CSR PT Adaro, untuk BLK sendiri hanya menerima dan memberikan kontribusi diantaranya pelatihan ,teori ,pengetahuan umum, orientasi dan lainnya.

“Jadi ini sebagai bentuk kerjasama kita bersama CSR Adaro dan ini pertama kalinya, kita hanya melatih dan memberikan tempat bagi peserta pelatihan dan waktunya sendiri hanya 30 hari.”Jelas Suhartojo. Menurutnya lagi Suhartojo  menyampaikan bahwa masyarakat Tabalong mulai tahun ini sudah mencanangkan Tabalong kompeten,”Jadi semua kegiatan peserta kami rancang untuk mendapatkan uji kompetensi,hal itu berguna bagi peserta sebagai bekal mereka ketika nanti diajak ataupun dibawa oleh pihak lain mereka sudah siap dengan ilmu yang didapatkan.”Pungkasnya (Sy)

To Top
%d blogger menyukai ini: