Pemerintahan

Usulan di Musrembang Harapkan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

MediaCenter,Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) melakukan Musrembang RKPD Kabupaten Tabalong di tiga kecamatan yaitu Tanjung, Tanta, dan Murung Pudak di Gedung Pusat Informasi, Senin (11/2/2019). Musrembang ini dilakukan dalam rangka penyusunan RKPD 2020.

Di Musrembang ini, setiap camat menyampaikan usulan pembangunan dari hasil Musrembang kelurahan dan desa. Usulan tersebut meliputi sektor pelayanan publik, infrastruktur dan pengembangan ekonomi.

Sektor infrastruktur pun mendominasi usulan yang disampaikan di tiga kecamatan. Seperti yang diusulkan oleh Camat Tanta, Rusmadi. Ia mengusulkan pembangunan jembatan beton di Desa Padangin dan Desa Pulau Ku’u yang saat ini masih menggunakan jembatan kayu ulin.

“Kami mengusulkan ada 204 usulan, yang terdiri dari hasil Musrembang desa itu ada 189 kegiatan dan kecamatan ada 15 paket kegiatan.” Jelasnya.

Kepala Bapeda Tabalong, Mahdinoor yang menjadi leading sector Musrembang ini menjelaskan bahwa dari usulan-usulan yang masuk ini akan dirapatkan kembali lalu dijadikan short list atau prioritas untuk di Musrembangkan kembali di tingkat kabupaten.

Sebelumnya, dalam Musrembang ini Mahdinoor telah memberikan rancangan umum untuk menjadi pedoman dalam menentukan usulan prioritas.

“Dan mengingat tiga kecamatan ini adalah pusat kota di kabupaten tentunya pelayanan publik lebih berkembang, selain itu juga ada perindustrian dan jasa. Nah, kita akan menyesuaikan itu.” Tambahnya.

Senada dengan Mahdinoor, Sekda Tabalong, A. M. Sangadji mengingatkan bahwa setiap usulan yang disampaikan hendaknya merupakan usulan yang benar – benar penting untuk kebutuhan masyarakat luas.

“Jadi dilihat dulu usulan ini banyak manfaatnya atau tidak.” Ingatnya. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas