Pemerintahan

Tabalong Menuju Smart City

MediaCenter,Tabalong – Program Smart City ,Aplikasi berbasis internet yang di fungsikan di Tabalong mendapat dukungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Komisi III Kabupaten Tabalong

Hal tersebut terlihat ketika dilaksanakannya rapat kerja yang digelar oleh Anggota DPRD Komisi III Tabalong bersama SKPD Diskominfo dan Statistik Tabalong, Rabu (16/1) bertempat di Ruang rapat Pimpinan Lantai 1 sekeretariat DPRD kabupaten Tabalong.

Dalam rapat tersebut anggota DPRD Tabalong mengharapkan agar Diskominfo dan Statistik  Tabalong bisa melaksanakan rencana dan melanjutkan pengembangan Smart city di Tahun 2019.

Menanggapi hal itu,  Plt. Kepala Dinas Kominfo dan statistic Tabalong,  H Aberani Aberar mengatakan tahun 2019 pembuatan rencana induk (renduk) untuk smart city di Tabalong direncanakan kembali meskipun di tahun 2018 sudah dilaksanakan tetapi belum optimal.

“Jadi Insya allah paling lambat 2020 sudah terealisasi,  bahkan kita juga akan mengusahakan akhir tahun 2019  mudah mudahan sudah bisa selesai, “ungkapnya.

Adapun langkah menuju hal tersebut, lanjut Aberar,sudah adanya pembuatan Masterplan atau renduk ditambah di Tahun 2018 sebelumnya diskominfo sudah memiliki alat berupa server serta mesin genset.

” Inilah nantinya salah satu penunjang kita agar nantinya Tabalong itu bisa menjadi smart city,selain usulan anggaran perubahan yang juga dibutuhkan  “tambahnya.

Sedangkan dari Anggota DPRD Komisi III Tabalong, Zurni sangat mengharapkan agar Tabalong menjadi Smart City itu benar dan bisa terwujud.

” Kami sangat menginginkan  sekali melalui SKPD Diskominfo Tabalong agar mewujudkan Tabalong menjadi Smart City yang lebih luas, artinya tidak didalam perkotaan saja tetapi dari ujung pelosok desa kedesa lainnya warga bisa menikmatinya. “beber Zurni.

Oleh sebab itu, tambah Zurni kepada SKPD terkait mulai tahun 2019 ini merupakan  satu langkah yang harus diwujudkan karena ini sangat dinanti oleh warga dan kaum anak milenial.

” ini sebenarnya dari Diskominfo sudah ada langkah maju kearah tersebut dengan adanya masterplan dan pembiayaan untuk mewujudkannya jadi tinggal langkah kedepannya saja lagi bagaimana menjadikan Tabalong itu bisa Smart City, Pungkasnya.

Sebalum Mengakhiri rapat tersebut salah Anggota DPRD Komisi III menghimbau agar setiap SKPD itu harus ada satu yang diunggulkan dalam program rencana kegiatan, dan kalau bisa menjadi contoh atau anutan dari daerah lain.

Sebagai informasi Smart city sendiri merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan effisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tek terduga sebelumnya. (Said)

Ke Atas