Pemerintahan

30 Poin Dari 100 Poin Penilaian Adipura di Titik Beratkan Pada Kesiapsiagaan dan Pencegahan Karhutla

MediaCenter,Tabalong – Salah satu indikator yang menjadikan Kabupaten Tabalong meraih adipura ialah keberhasilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam melakukan penanggulangan bencana dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Dimana 30 poin dari 100 poin maksimal penilaian adipura di titik beratkan pada kesiapsiagaan dan pencegahan (karhutla)” jelas Alfian, Ketua BPBD Tabalong ketika dihubungi melalui jaringan telpon, Senin (14/1).

Sebagai bukti, di tahun 2017 terdapat 43 titik hotspot dan 68 kejadian karhutla yang ada di tabalong, angka ini berhasil diturunkan lebih dari 50 persen oleh BPBD Tabalong menjadi 16 titik hotspot dan 34 kejadian karhutla.

Ini tidak terlepas dari berbagai upaya preventif untuk terjadinya karhutla, seperti giat patroli oleh tim UPBS, sosialisasi dengan memasang baliho di sejumlah tititik dan melalui media massa serta sosial.

“Alhamdulillah, ini banyak memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa membuka lahan dengan cara membakar itu merupakan tindakan yang salah” jelasnya.

Dan kedepannya, di tahun 2019, keberhasilan Adipura ini memotivasi pihaknya untuk menurunkan atau menghilangkan angka titik hotspot dan kejadian karhutla. Yaitu salah satunya dengan cara membentuk tim unit penanggulangan swadya di desa – desa yang rawan terjadi kebakaran lahan.

“kita juga akan mengintensifkan pola pelaksaaan tiga pilar kebangsaan TNI, Polri, dan Pemerintah untuk lebih bersinergi dalam rangka melakukan penanganan karhutla sejak dini” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).

Ke Atas