Sosial & Budaya

Evaluasi SAKIP Tingkatkan Kinerja Dalam Pemerintahan dan Pelayanan Publik untuk Pembangunan Daerah

MediaCenter,Tabalong – 31 SKPD Kabupaten Tabalong hadiri evaluasi SAKIP dan Repormasi Birokrasi se-Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan tahun 2018 dalam meningkatkan capaian kinerja yang baik untuk pemerintahan maupun pelayanan publik agar meningkatkan pembangunan Kabupaten maupun Kota.

Bertempat di Hotel Golden Tulip,Banjarmasin, Rabu (28/11), Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Drs.Abdul Haris Makki membuka secara resmi kegiatan evaluasi SAKIP dan Reformasi berokrasi se Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan tahun 2018.

SAKIP sendiri merupakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel,Abdul Haris Makkie memberikan apresiasi serta penghargaan tinggi kepada seluruh peserta karena bisa menghadiri kegiatan evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi.

“Kami ucapkan terima kasih atas atensi dan komitmennya kepada seluruh SKPD Kabupaten/Kota terhadap upaya untuk terus berbenah membangun kinerja yang baik dalam pemerintahan dan pelayanan publik,”tuturnya.

Senada dengan hal itu, Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Agus Uji Hantara, mengatakan penyelenggaraan pemerintahan dan reformasi birokrasi di Indonesia masih jauh ketinggalan.

“Jadi dengan kegiatan ini selain sebagai wujud memaknai reformasi dan birokrasi ini juga sebuah perubahan besar untuk paradigma dan tata kelola pemerintah Indonesia dalam menyongsong tantangan abad ke-21 ,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, H. Abdul Muthalib Sangadji saat diwawancarai awak media mengatakan kegiatan ini dalam rangka evaluasi laporan kinerja pemerintah dalam menyampaikan keterangan terkait Reformasi dan Birokrasi di daerah.

“Untuk pemerintah kabupaten Tabalong sendiri dalam meningkatkan capaian tersebut, masih melakukan perubahan dan pencapaian setiap tahunnya, dan saya  berharap tahun ini Tabalong bisa  mendapatkan nilai B, “bebernya.

Untuk itu, Tambah Sangadji, kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk melihat dan apa saja yang harus diperbaiki oleh setiap SKPD yang ada di Kabupaten Tabalong, hal ini berguna untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tabalong pada khususnya.

Adapun kegiatan ini di ikuti sejumlah Kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan, diantaranya Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tanah Laut,Tapin dan Banjar.(MC Tabalong/Mona).

Ke Atas