Sosial & Budaya

Festival Add Durun Nafis sebagai ajang kreativitas bernafaskan islam

MediaCenter,Tabalong – Berbagai cara meriahkan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah, Festival Add Durun Nafis ke XVIII di gelar sebagai ajang kreativias, seni pelajar dan masyarakat dalam mensyiarkan budaya islam berbasis akhlakul karimah.

Bertempat di Halaman Gedung Sarabakawa, Selasa (27/11) malam, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Bidang Kebudayaan Kabupaten Tabalong ini diikuti ratusan pelajar dan masyarakat Tabalong yang berlangsung selama empat hari , dari tanggal 27-30 November 2018, sedangkan untuk bidang lomba ada tujuh dari 11 kategori dengan total hadiah sebesar 57 juta rupiah.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan Bulan Maulid Nabi SAW 1440 Hijriyah sekaligus bertepatan memperingati HUT Tabalong ke-53,  Hal tersebut disampaikan Masdulhaq Abdi Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Tabalong, saat ditemui usai acara.

Dikatakannya, pada kegiatan ini  yang menjadi ciri khas dari kompetisi ini yakni harus ada Habsyinya untuk lomba lainnya hanya sebagai tambahan dalam memeriahkan festival ini.

“Jadi semakin Tahun festival ini berbeda dan alhamdulilah untuk tahun ini ada perkembangan terlihat dari tambahan lomba ,seperti adanya Da’i dan Dai’ah ,solo religi,  Nasyid,Band Akustik ,Baca Puisi Islami dan Fashion Show .”ujar Masdulhaq.

Ia berharap nantinya kegiatan ini membawa manfaat dan kemaslahatan bagi generasi muda dan masyarakat, karena dengan ini syiar dan syariat islam bisa semakin melekat dalam jiwa generasi kita.

“Jadi kita sajikan tontonan dan tuntunan ini bagi generasi muda, hal ini berdampak fositif karena dapat memberiakan ruang ,tempat dan waktu untuk berkreativitas sesuai dengan keislaman dan dan agama yang kita yakini.”jelasnya.

Masih diacara yang sama, Bupati Tabalong yang diwakilkan Plt Kabag Kesra Setda Tabalong,H. Rusmadi dalam sambutan tertulisnya menyambut dan mengapresiasikan pelaksanaan kegiatan Festival Add Durun Nafis ini sebagai wahana syiar islam sekaligus mempererat tali persaudaraan antar umat islam.

Ia mengajak kepada masyarakat melalui festival ini  agar selalu meningkatkan iman kepada allah SWT ,“Marilah kita kuatkan lagi galian ukhuwah islamiah dan kepedulian kita kepada sesama dan saling berbagi sekaligus menjadi pembuktian kita bahwa islam adalah betul betul sebagai rahmatan lillalamin.”pungkasnya.

Mengingat even ini bertepatan dengan peringatan maulid nabi diharapkan seluruh rangkaian acara kegiatan dalam  even ini dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan muslim di masyarakat Tabalong pada khsususnya terhadap agama islam yang dibawa oleh junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Ke Atas