Pemerintahan

Kesadaran Masyarakat Akan Pajak Masih Rendah

MediaCenter, Tabalong – Tidak sedikit wajib pajak yang cenderung menghindari kewajiban membayar pajak. Kecendrungan itu terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Validasi Piutang PBB-P2 di Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (26/11).

Oleh karena itu, lanjut Anang mengatakan, faktor faktor yang dapat menghambat upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat selaku wajib pajak harus mendapat perhatian serius.

“Perlu langkah-langkah cerdas, kreatif dan inovatif sebagai upaya terobosan dalam rangka optimalisasi penerimaan negara,”katanya.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tabalong, H Erwan mengatakan, dengan adanya  validasi  piutang, maka akan mendapatkan data yang valid, memudahkan pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan tertib administrasi.

“Tentu dalam  melaksanakan validasi ini, BPPRD Tabalong berpedoman  pada Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang PDRB dan peraturan  daerah  Kabupaten Tabalong nomor 02 Tahun 2013 tentang pajak bumi dan bangunan perdesaan serta perkotaan,” bebernya. (Win)

Ke Atas