Sosial & Budaya

Sosialisasi Rencana Kegiatan Restorasi Gambut 2018 Provinsi Kalsel Di Kabupaten Tabalong

MediaCenter,Tabalong – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani membuka Sosialisasi Rencana Kegiatan Restorasi Gambut di Kabupaten Tabalong dalam Rangka Fasilitasi Restorasi Gambut 2018 Provinsi Kalsel di Aula Hotel Aston, Tanjung Senin (19/11).

Turut hadir pada acara tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopemda) Kab. Tabalong, Badan Restorasi Gambut, Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Kalsel dan unsur SKPD terkait.

Dalam sambutannya Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan atas nama Pemkab Tabalong mengucapkan selamat datang kepada TRGD Kalsel para narasumber dari Badan Restorasi Gambut serta rombongan.

“Seminar ini sebagaimana disampaikan sebagai bagian dari sosialisasi kegiatan restorasi gambut, juga diharapkan timbul kesepakatan para pihak retorasi gambut di wilayah Kabupaten Tabalong,” ucapnya

Ketua TRGD Provinsi Kalsel Saut Nathan Samosir mengatakan restorasi gambut akan dilaksanakan di Desa Bangkiling Raya dan Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas. “Pembuatan sekat kanal salah satu restorasi lahan gambut di Tabalong,” jelas Saut.

Ada tujuh titik lokasi sekat kanal yang akan dibuat tahun ini masing – masing di Desa Bangkiling Raya empat lokasi dan sisanya di Desa Bangkiling. Sekat kanal sendiri  bertujuan  menaikkan daya simpan  air pada badan kanal  dan mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut.

Selain pembuatan sekat kanal tim restorasi juga membuat 23 sumur bor di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas dari total  354 sumur bor di Provinsi Kalsel.

Ke Atas