Sosial & Budaya

350 PESERTA TABALONG DARI KPM IKUTI SOSIALISASI KUBE,RTLH DAN SARLING

MediaCenter,Tabalong – Bupati Tabalong ,H Anang Syakhfiani membuka secara langsung kegiatan Sosialisasi Bantuan kelompok bersama (Kube) Program Keluarga harapan dan Bantuan rehabilitasi sosial rumah Tidak layak Huni  (RTLH) serta Sarana Lingkungan (Sarling) Tahun 2018 yang di selenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tabalong ,Senin (15/10) di Pendopo Bersinar.

Acara yang dihadiri oleh Ketua DPRD Tabalong, Pimpinan SKPD Kabupaten Tabalong, Direktur penanganan Fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial RI serta 350 orang dari Keluarga Penerima Manfaat Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong,H Anang Syakhfiani mengungkapkan ucapan terima kasih untuk Kementrian Sosial RI melalui Direktur penanganan Fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial karena sudah memberikan bantuan

“Jadi Ucapan Terima kasih saja tidak cukup untuk Direktur penanganan Fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial, Naziarto , jadi harus lebih ,mengingat ini ketiga kalinya bertandang ke kabupaten Tabalong ,karena setiap datang selalu membawa bantuan yang sangat cocok dengan kebutuhan Tabalong.” Katanya.

Namun demikian,kata Bupati Anang ,Pemkab Tabalong tidak berdiam diri karena program program dari kementrian sosial yang sangat bagus ini dan nantinya akan mengadopsi program yang baik ini dengan versi sendiri.

“Itu sebabnya tahun depan tahun 2019 insya allah kita akan memprogramkan 100 Kube setiap tahun sedangkan jenis usahanya sudah disiapkan dan dipastikan yakni budidaya ikan tidak lagi dikolam tapi menggunakan terval bioflog dan beternak kambing bur,pejantan kambing dari Australia yang akan dikawinkan dengan kambing lokal.”tuturnya.

Lanjutnya kata Bupati Anang,  Ini merupakan bagian ikhtiar besar kami untuk lima tahun kedepan untuk memberikan perhatian yang lebih  besar kepada masyarakat non tambang.”Mudah mudahan melalui kegiatan Kube ini ekonomi Tabalong makin makin menggeliat, karena dulu orang berpikir tahun 2016 dan 2017 Tabalong menjadi kota hantu, kota yang sunyi sepi ternyata itu salah  makin hari makin ramai.”pungkasnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong,H Yuhani dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman pada KPM terkait penggunaan dan pemanfaatan dana bantuan agar dapat berjalan dengan apa yang telah direncanakan sehingga mampu menjalan peran dan tugasnya dan fungsinya.

“Selain itu tujuan lainnya dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman strategi perencanaan pelaksanaan pertanggungjawaban sehingga program ini bisa berjalan dengan baik dan meningkatkan pendapatan dan  penghasilan KPM sehingga bisa cepat keluar dari kemiskinan.”bebernya.

“Alhamdulilah Ini tahun ketiga dalam memberikan bantuan dan ini yang paling banyak , jadi jarang jarang kabupaten yang didatangi langsung lngsung oleh direktur dan bendahara  dan saya ucapakan terima kasih banyak kepada kementrian sosial RI.”pungkasnya.

Adapun kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari  dari tanggal 15 -16 Oktober 2018 di dua lokasi yaitu Pendopo Bersinar dan Wisma Tamu Bersinar dengan jumlah peserta sebanyak 350 orang yang dibagi menjadi dua untuk kelompok KUBE sebanyak 200 orang, dan kelompok RTLH 100 orang sisanya pendamping 50 orang.

Ke Atas