Kesehatan

Pemda Tabalong Tanam 300 Pohon Bambu Di Tepi Sungai Desa Garagata

MediaCenter,Tabalong – Dalam Meperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang biasa disingkat HKAN, Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama warga desa Garagata, Kecamatan Jaro menanam 300 bambu jenis belung hitam di Tepi Sungai Desa Garagata, Sabtu (25/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong H Abdul Muthalib Sangadji, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hj Hamidah Munawarah, Kepala Dinas DLH Rowi Rawatianice puluhan Anggota Kodim 1008, Perusahan swasta di Tabalong dan undangan, Sabtu (25/8/2018).

Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan bahwa melalui HKAN ini kita mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Adapun bibit tanaman yang ditanam pada kegiatan kali ini diperoleh dari kelompok penangkaran binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN)

“Masyarakat Desa garagata hari ini juga spontan menyumbangkan 50 pohon sengon untuk ditanam bersama-sama, yang diharapkan sebagai konservasi daerah aliran sungai, mengurangi luapan debit air sungai, menambah resapan air tanah”jelasnya

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Hj Hamidah Munawarah yang membacakan sambutan Bupati Tabalong mengatakan, kegiatan tanam bambu ini dianggap sangat penting, karena sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam melestarikan alam sebagai bekal untuk kehidupan alam sehat para generasi mendatang.

“Salah satu upaya budidaya bambu yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan bambu sebagai tanaman konservasi lingkungan, terutaman untuk menambah cadang air tanah” tambahnya.

Dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong
H Abdul Muthalib Sangadji menambahkan, kegiatan menanam podon bambu ini tidak hanya di Desa Garata Kecamatan Jaro, nantinya juga akan dilaksanakan di Kecamatan Banua Lawas di daerah rawan longsor.

Puluhan TNI dikerahkan dalam kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional sebagai wujud peduli terhadap masyarakat jelas Mayor inf Guvta Alugoro Kasdim 1008/Tanjung. (MC Tabalong/Mona)

Ke Atas