Politik & Hukum

Puluhan PNS Tabalong Diberikan Penyuluhan Hukum

MediaCenter, Tabalong – Bagian Hukum Setda Tabalong menggelar penyuluhan hukum terpadu tingat Kabupaten bagi aparatur Sipil Negara dilingkungan pemerintahan Kabupaten Tabalong tahun 2018 di Gedung Pusat Informasi. Senin (20/8)

Penyuluhan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tabalong yang diwakilkan oleh Plt Asisten III bidang Admistrasi , Nanang Mulkani dan peserta dari perwakilan SKPD di Kabupaten Tabalong dengan jumlah sebanyak 64 orang, dan empat narasumber dari Polres, Kejari Tabalong,Kodim 1008 dan pengadilan agama tanjung  dengan materi yang berbeda.

Dalam sambutan tertulis bupati Tabalong yang dibacakan Plt Asisten III bidang Admistrasi ,Nanang Mulkani menyambut baik  digelarnya kegiatan penyuluhan hukum terpadu tingkat kabupaten Tabalong bagi ASN  ini, hal ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman hukum bagi ASN dilingkup kabupaten tabalong terhadap peraturan perundang undagan dan kesadaran hukum terhadap undang undang yang berlaku.

“Harapan kita semua jangan berhenti pada sosialisasi dan penyuluhan ini saja namun lebih terpenting kita bisa melaksanakan dan menaati peraturan peundangan undagan yang berlaku dalam melaksanakan tugas dan fungsi bagi ASN.” katanya.

Selain itu ia menghimbau kepala seluruh komponen untuk extra hati hati dalam  melaksanakan kegiatan yang dibiayai dari anggaran pemerintah baik APBD dan APBN, “oleh sebab itu, apabila menggunakan dana tersebut dasar dan  landasan hukumnya harus jelas agar kita semua tidak terjebak dalam perbuatan tindak pidana korupsi,”lanjutnya.

Sementara itu salah satu peserta, Sufiannor perwakilan dari Dinas Pertanian menilai kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi dirinya pribadi.

“Dulunya belum tahu, sekarang sudah mengerti sedikit demi sedikit tentang hukum, mengingat kegiatan ini memilki nilai positif dan manfaat yang sangat besar terkait dengan hukum, kalau bisa pesertanya dan waktunya lebih banyak lagi supaya penyebaran informasi dapat tersampaikan baik untuk masyrakat maupun ASN,”ujar Sufiannor yang menjabat sebagai Kasi Ketenagaan di Dinas Pertanian.

Senada dengan hal itu,salah satu narasumber, Kasi Intel Kejari Tabalong, Taufik Munggaran dengan materi yang disampaikan tentang pemberantasan pencegahan tindak pidana korupsi,mengatakan sampai sekarang untuk Tabalong khsusnya di Pemda dalam modus perbuatan curang dalam pengadan barang dan jasa dan mark up ,juga pengelolaan dana tidak ada temuan khusus.

“Jadi sampai sekarang, untuk Pemda Tabalong masih belum ada temuan dan pelanggaran sampai saat ini, mengingat tindak pidana korupsi yang ditangani oleh kejaksaan masih meliputi aparat desa dan belum menyentuh pada ASN di SKPD,”ungkapnya.

harapnya bagi peserta penyuluhan selain dapat ilmu dan pengetahuan yang diberikan para narasumber, hendaknya bisa menyebarluaskan informasi yang mereka dapat pada penyuluhan ini di lingkungan  kerjanya masing, kemudian melaksanakan apa yang telah dapatkan informasi hari ini sehingga dampak dari perilku yang koruptf bisa dihindari untuk mewujdukan kabupaten tabalong yang Mandiri,sejahtera dan agamis. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas