Khas Daerah

Pawai Obor Ajarkan Nilai – Nilai Perjuangan Kemerdekaan

Tabalong,MediaCenter- Jelang Peringataan detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-73 ,Kabupaten Tabalong  memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menyebarkan nilai nilai kepahlawanan kepada masyarakat di Bumi Serabawakawa.

Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Gelar Senja, tradisi-tradisi lainnya yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Tabalong adalah Taptu (Pawai Obor) serta Renungan Suci dan Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Tabalong.

Untuk kegiatan Taptu atau Pawai Obor sendiri digelar setiap tanggal 16 Agustus  pada pukul 20.30 WIB, dimana Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, serta para mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi kemahasiswaan dan pelajar lainnya. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.

Kegiatan diawali dengan upacara sekaligus pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung,Riyanti Desiwati dan disaksikan oleh  Bupati Tabalong,H.Anang Sykahfiani,Ketua DPRD Tabalong, Darwin Awie serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

Sebelum berangkat, ketua Pengadilan Negeri memberi api menggunakan obor kepada perwakilan salah satu grup peserta yang disambung secara estapet kepada peserta berikutnya.yang dilanjutkan dengan menyalakan obor secara berurutan, mulai dari peleton pasukan paling depan dan menjalar hingga peleton pasukan paling belakang.

Memaknai hal tersebut, salah satu Panitia kegiatan Pawai Obor dari Disporapar, Lilis Maryadinata menilai kegiatan Taptu, bawa obor sambil berjalan memiliki makna yang sangat penting untuk generasi penerus bangsa indonesia.

“Jadi kegiatan ini, kita ingin sekaligus mengajak generasi penerus tongkat estapet perjuangan bangsa itu tidak cuma diam ditempat tetapi melakukan suatu kegiatan yang sifatnya bersama sama membangun dan memotivasi diri mereka untuk maju kedepan mengisi perjuangan bangsa ini, sehingga wujud tema kita tentang kerja kita prestasi bangsa itu betul betul dapat diwujidkan dalam satu kenyataan ,” tuturnya.

Salah satu peserta pawai obor berasal dari pelajar SMP Plus Murung Pudak sangat senang karena sudah bisa ikut berpartisipasi di kegiatan Pawai Obor ini.

“Saya bangga sekali bisa tergabung di acara pawai ini, selain bisa disaksikan banyak orang, bisa bersilahturahmi dengan teman lainnya , sekaligus ikut merayakan  kemeriah HUT Kemerdekaan RI ke 73, dimana sambil berjalan beramai ramai membawa obor api yang menyala ,”kata Jordy.

Adapun Jumlah peserta sebanyak 22 group , dimana satu group diikuti kurang lebih 50 orang.adapun rute yang harus ditempuh sekitar 3 Kilometer ,dan  start awal dimulai di Halaman pendopo menuju arah jalan Mabuun terus mengelilingi Tugu Obor dan langsung balik arah menuju jalan start awal semula.(MC Tabalong/Sy).

Ke Atas