Pemerintahan

Dinas Tenaga Kerja Latih 160 Pencari Kerja

MediaCenter, Tabalong – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, Selasa (7/8) menggelar pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja tahun 2018 di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.

Kepala Disnaker Kabupaten Tabalong H Syaiful Ikhwan mengatakan, sebanyak 160 orang berhasil lulus dari 700 orang pencari kerja yang mendaftarkan diri.

“Kami menyediakan sepuluh jurusan, enam dari dana APBN (anggaran pendapatan belanja negara) dan empat jurusan dari APBD (anggaran pendapatan belanja daerah),” katanya.

Adapun jurusan tersebut adalah komputer, akutansi, mobil disel, teknik komputer tingkat satu, pendingin AC split, instalasi penerangan, menjahit, las SMAW 3G, pengolahan hasil pertanian, dan drafter atau auto cat. Semuanya terselenggara dua bulan, Agustus dan September ini

Dalam sambutan tertulis Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tabalong H Zulfan Noor mengatakan, agar hasil latihan bisa terealisasi sesuai sasaran, peserta hendaknya bisa diposisikan ke dunia pekerja sebenarnya.

“Kami berharap setelah mendapat pelatihan diarahkan ke pangsa pasar,” katanya.

Ia menjelaskan, tanggung jawab menyediakan pekerjaan sebenarnya milik pemerintah, perusahaan dan diri sendiri. Pemerintah dilakoni dengan menyediakan pelatihan, perusahan bisa melalui dana kepedulian sosialnya, sedangkan diri pribadi kemauan berusaha.  (Mc Tabalong/Erwin)

Ke Atas