Sosial & Budaya

Tampilkan Legenda Dayak Deah di Gunung Sialing

MediaCenter, Tabalong – Masih dalam rangkaian Tabalong Etnik Festival (TEF) VII. Pada gelaran hari kelima, Kamis (26/7), diisi dengan tiga kegiatan di dua lokasi berbeda.

Pagi hingga siang hari diisi dengan Karasmin on Location mengambil lokasi di kawasan wisata Gunung Sialing, Desa Nawin, Kecamatan Haruai.

Lalu, siang hingga sore harinya diisi dengan Workshop Kuriding dengan menghadirkan narasumber Julak Laraw, dia area Tanjung Expo Center, Mabuun.

Sedangkan malam harinya, masih du area Tanjung Expo Center, ditampilkan pertunjukan Voice of Borneo di panggung utama TEF VII.

Untuk Karasmin on Location yang dilaksanakan di Gunung Sialing merupakan gelaran ketiga, setelah sebelumnya sudah melaksanakan di Goa Liang Tapah kecamatan Jaro dan Masjid Pusaka Banualawas, kecamatan Banualawas.

Kali ini Karasmin on Location bertajuk Legenda Dayak Deah yang di dalamnya berisikan beberapa tampilan.

Di antaranya tutur lisan dari Ketua Adat Dayak Deah, yang menceritakan budaya agraris Dayak Deah.

Tutur lisan ini juga disertai dengan peragaan tahapan-tahapan prosesi yang dijalankan ketika membuka lahan untuk bercocok tanam.

Selain terkait prosesi membuka ladang dengan segala ritualnya, di lokasi ini juga ada diperlihatkan bagaimana prosesi pembuatan kuliner jenis Lamang, pertunjukan permainan tradisional serta tari-tarian.

Kepala Adat Kampung Sepuluh Dayak Deah, Ruslan, mengatakan, sangat mengapresasi dengan telah dilibatkan dalam gelaran TEF VII.

“Dengan dilibatkan dalam TEF ini budaya kita bisa terangkat, kita sangat berterimakasih,” katanya

Dirinya berharap di tahun-tahun berikutnya tetap bisa dilibatkan kembali agar bisa mengenalkan lagi budaya dan tradisi Dayak Deah yang lainnya.

“Kalau dilibatkan lagi kita bisa tampilkan yang lain lagi dari ini, bisa kita rencanakan mau tampilkan apa. Kita siap untuk dilibatkan lagi,” katanya. (Dony Usman)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

310466
Users Today : 174
Users Yesterday : 554
This Month : 15885
Total Users : 310466
Views Today : 391
Total views : 2048216
Who's Online : 12

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/