Sosial & Budaya

Ekspose Dan Workshop Evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tabalong Tahun 2014-2034

MediaCenter,Tabalong – Seusai undang – undang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, bahwa penataan tata ruang wilayah kabupaten harus ditinjau kembali setiap lima tahun sekali.

Bertempat di Gedung Pusat Informasi,  Tanjung, Kamis (26/7), Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan workshop sebelum melakukan evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tabalong 2014 – 2034.

Diikuti oleh seluruh kepala SKPD, Camat, Lurah, Perwakilan Perusahaan, dan LSM, Workshop ini membahas poin –poin apa saja yang harus diperhatikan ketika evaluasi RTRW.

Kepala Bidang Penataan Ruang, Muhammad Feher Uman menjelaskan bahwa ada tiga tahapan evaluasi yaitu pengkajian, evaluasi, dan penilaian yang mana setiap SKPD, Camat, Lurah, dan Perusahaan akan menjadi sasaran peninjauannya.

“Dan nantinya tim konsultan bersama kami akan mengevaluasi selama empat bulan,”kata Feher Uman.

Adapun Tim Konsultan yang melakukan evaluasi berasal dari ITN Malang dan Surabaya yang merupakan ahli di bidang planologi.

Dan setelah empat bulan nanti hasilnya akan kembali dilihat apakah akan ada revisi atau tidak, dan kemudian akan dibawa ke DPR untuk disetujui dalam revisinya.

Untuk saat  ini, Pembangunan Tata Ruang Kabupaten Tabalong  sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan Perda No. 19 tahun 2014. “Kita berharap evaluasi nanti bisa berjalan lancar, dan tepat waktu,” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).

Ke Atas