Sosial & Budaya

Apel Siaga Bencana Dan Pengukuhan Pengurus Kampung Siaga Di Desa Bintang Ara Kabupaten Tabalong

Tanjung,MediaCenter – Gelaran Apel Siaga Bencana  yang di pimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan , Adi Susanto berlangsung khidmat. Dimana kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan  Taruna Siap Siaga (TAGANA), Pramuka,BPK dan Anak Sekolah serta pejabat terkait bertempat di lapangan sepak bola SMPN 2 Haruai, Desa Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Selasa (17/7/2018).

Selain pelaksanaan Apel Siaga nantinya  akan dilaksanakan pembentukan Kampung Siaga Bencana “SI PUJUNG” sekaligus diakhiri dengan simulasi Penanggulan Bencana, serta pengukuhan pengurus KSB SI Pujung, dan penyerahan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan,H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Selatan , Adi Susanto mengatakan gelaran apel siaga bencana ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, mengingat seiring dengan pembangunan daerah yang semakin pesat, banyak perubahan yang terjadi, baik fisik maupun ruang wilayah, hal ini berpotensi mengakibatkan rawan bencana yang jika terjadi akan mengganggu aktivitas dalam kehidupan masyarakat.

“Dengan adanya Kampung Siaga Bencana (KSB) nantinya berfungsi sebagai badan penanggulangan bencana daerah tidak hanya menanggulangi saat terjadinya bencana, tapi upaya pengurangan dampak saat terjadi bencana,”tuturnya.

Sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan siaga bencana ini, diharapkan dapat membentuk masyarakat yang siaga dan siap menghadapi bencana yang mungkin semuanya dapat terjadi diluar dugaan kita.

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan , Adi Susanto saat diwawancarai mengatakan untuk pembentukan kampung siaga sendiri diutamakan bagi kabupaten di Kalsel yang rawan sekali akan bencana, seperti Tabalong, Tanah Bumbu, merupakan kabupaten yang menjadi prioritas. “Jadi kedepannya kita akan memikirkan penambahan KSB di kabupaten yang rawan bencana terutama rawan banjir,  sekaligus bagaimana kita memperkuat Taruna Siaga Bencana di Kabupaten kabupaten yang menjadi prioritas bencana,”Kata Adi Susanto.

Tambahnya, keberadaan TAGANA sendiri dalam rangka memberikan jaminan layanan bagi masyarakat korban bencana itu agar lebih cepat ditangani sedangkan pembentukan kampung bencana sendiri bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar ikut berpartisifasi aktif dalam rangka penanganan bencana di Kalsel.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, Yuhani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Nasional ,atas bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Tabalong “Alhamdulilah ini tahun ketiga mendapatkan bantuan ini, yang kemarin di Banua Lawas, Haruai dan tahun ini kita dapat di Bintang Ara ,ini salah satu upaya kita dalam mendekatkan masyarakat , kita ingin agar masyarakat kita siap, aktif dalam menghadapi bencana mengingat Tabalong salah satu kabupaten potensi rawan bencana,”Ujarnya.

Ia berharap nantinya dengan bantuan dan latihan yang diberikan, masyarakat Tabalong, lebih sigap lagi,ketika ada bencana datang masyarakat bisa lebih dulu memberikan penaganan bencana tanpa menunggu Tim Tagana Kabupaten Tabalong.

Sementara itu, acara dilaksanakan dari tanggal 15 – 17 Juli dan nantinya juga dilaksanakan rangkaian kegiatan berupa penyuluhan bencana, pelatihan bencana, simulasi, apel siaga dan penyerahan bantuan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diantaranya 1 tenda pleton, 3 tenda keluarga, 20 tenda gulung, 50 matras, 50 selimut. MC Tabalong/Mona

Ke Atas