Politik & Hukum

Surat Suara untuk Pilkada Tabalong 2018 Telah Tiba di Gudang KPUD

Iriysandi (Tengah) Komisioner KPU didampingi Fahmi (Kiri) dari Panwaslu Tabalong dan Joseph Edward (Kanan) Kabag Ops Polres Tabalong memastikan jumlah surat suara yang baru saja tiba di Gudang KPUD Tabalong

MediaCenter,Tabalong – Tepat pada selasa siang (23/5) pukul 12.30 WITA, surat suara untuk pilkada Tabalong telah tiba di Kantor KPUD Tabalong.

Dikawal langsung dengan petugas dari polres Tabalong dan disaksikan langsung oleh Panwaslu Tabalong, terdapat 169.432 lembar surat suara yang berhasil diamankan ke Gudang KPUD yang juga berada di Kantor KPUD Tabalong.

169.432 surat suara tersebut terdiri dari 167.432 surat suara yang digunakan oleh pemilih nantinya, dan ditambah sebanyak 2000 surat suara untuk cadangan apabila akan terjadi pemilihan ulang.

“teruntuk 167.432 itu didapat dari jumlah DPT kita sebesar 163.072 yang dikalikan 2,5% per TPS yang gunanya untuk mecukupi DPT yang belum terdaftar” ujar Irisandy Winata, Komisioner KPU Divisi Perencanaan Program dan Data ketika ditemui langsung di kantor KPUD.

Dalam pengamannya KPUD Tabalong telah meletakan CCTV di Gudang KPUD Tabalong, lalu pada pintunya diberikan teralis dan tiga buah gembok agar menjadi lebih aman.

“untuk yang memegang kunci akan disetiap gemboknya ada KPU, Panwaslu, dan Polres Tabalong, jadi apabila ingin membuka gudang tersebut ketiga pihak ini harus berkoordinasi telebih dahulu” tambah Irisandy.

Selanjutnya, Surat suara tersebut akan segera disortir serta dilipat, dimana dalam pelaksanaanya akan diawasi langsung oleh petugas keamanan dan panwaslu.

Sementara itu, Irisandy juga menjelaskan bahwa untuk kebutuhan logistik pilkada lainnya seperti tinta,hologram,buku panduan, segel, formulir C dan formulir D tengah dalam tahap pemesanan, termasuk juga template surat suara untuk pemilih tuna netra.

“semuanya akan kami targetkan selesai di awal bulan juni” kata Irisandy. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas