Politik & Hukum

Road Safety Parnership Dibahas Dishub Tabalong

MediaCenter_Tabalong – Forum lalu lintas angkutan jalan(LLAJ) yang digelar oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong melalui rapat kali ini banyak membahas terkait kegiatan Road Safety Partnership Action(RSPA) bertempat di Aula Dinas Perhubungan ,Rabu (25/4).

RSPA sendiri merupakan program road safety yang menjadi isu global dalam keselamatan berlalu lintas.

Dimana WHO mencanangkan program dekade aksi keselamatan melalui global road safety dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan,H. Imam Fachrullazi,saat ditemui di ruangannya mengatakan keterkaitan Dinas perhubungan sendiri dalam RSPA ini menyakut perlengkapan keselamatan jalan, terdiri dari rambu, Traffic Light ,zebra cross , marka  dan rambu rambu lalu lintas.

“Selain dukungan melalui peralatan tersebut yang kita harapkan dari penyelenggaraan RSPA ini adalah bahwa Tabalong menginginkan adanya semacam zero accident atau tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas, baik bersifat pelanggaran lalu lintas maupun pelanggaraan yang bersifat kecelakaan.”Katanya.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Sat lantas Aipda Hendri Susanto,menjelaskan adanya Forum lalu lintas angkutan jalan (LLAJ) ini sangat membantu dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat .

“Dimana hal yang menjadi permasalahan khususnya bidang keamanan,keselamatan dan ketertiban  serta kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang nantinya dapat di selesaikan melalui forum ini,”Kata Hendri.

Dikatakannya, dengan cara menggandeng instansi terkait, seperti  ,Dinas Perhubungan, Dinas PUPR ,Jasa Raharja, dan dinas terkait lainnya , “Nantinya mampu dan sama sama memperbaiki insfratruktur dalam kawasan tertib lalu lintas (KTL),agar di Tabalong sendiri  bisa meningkat baik dari keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat  dan menurunnya fatalitas akibat korban laka lantas.”Pungkasnya.

Sementara itu, dalam forum tersebut juga membahas terkait persiapan lomba road safety partnership action (RSPA)  yang diikuti Polres Tabalong.

“Nantinya di seleksi dulu ditingkat provinsi kalsel , dan apabila meraih juara nantinya akan diikutsertakan lagi ke tingkat nasional, dan mudah mudahan bisa menang”Pungkas Hendri. (MC Tabalong/Said)

Ke Atas