Politik & Hukum

Puskesmas Terakreditasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong akan mengakreditasi semua Pusat Kesehatan Masyararakat (Puskesmas) yang ada dalam wilayah Kabupaten Tabalong.

Namun sampai saat ini sudah ada enam Puskesmas Kecamatan yang telah diakreditasi, dan program selanjutnya masih ada delapan Puskesmas yang menyusul akan diakreditasi pada tahun 2019 ini.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, H.Taufiqurrahman Hamdie kepada wartawan saat berada digedung Sarabakawa Tanjung Selasa (26/3/2018), ia menambahkan dan ditargetka pada tahun 2019 mendatang semua Puskesmas di Tabalong yang jumlahnya delapan belas Puskesmas akan diakreditasi.

Program akreditasi sendiri merupakan kometmen nasional , termasuk BPJS sendiri mereka tidak akan bekerjasama melakukan Pelayan Kesehatan lewat PPK kalau tidak terakreditasi.

Untuk akreditasi sebagaimana ketentuan yang pertama standar mutu pelayanan, standar fisik bangunan, standar lingkungan dan yang lainnya.

Oleh karena itu diharapkan pemberi pelayanan kesehatan kalau sudah terakredasi otomatis secara muto kualitas pelayanan kesehatan bisa terjamin dan lebih bagus lagi.

Dalam program melaksanakan akreditasi tentu merupakan PR yang cukup berat terutama sekali masalah fisik sebab mengacu kepada Permenkes nomor 75 tahun 2016.

Setidaknya dua tahun kedepan membenahi segi fisiknya agar menjadi standar.

Kemudian yang kedua, kata dia, masalah pengelolaan limbah dimana khususnya untuk limbah B3 yang mengisyaratkan harus ada sistem IPAL maupun inceneratur , akan kalau sistem instalatur tidak ada masalah Puskesmas bisa bekerjasama dengan instalatur RSUD.

H.Taufiqurrahman yakin lima tahun kedepan semua Puskesmas mempunyai pengelolaan sistem IIPAL.
Tahapan akreditasi yang pertama lulus dasar media, kemudian lulus dasar paripurna Pungkas,H,Taufiqurrahman

Ke Atas