Ekonomi & Bisnis

Disperkimtan Susun Perbup Bedah Rumah

salah satu rumah yang diusulkan oleh Kelurahan Mabuun kepada Disperkimtan untuk dilakukan bedah rumah

MediaCenter,Tabalong – Setidaknya terdapat 243 usulan rumah yang disampaikan oleh masyarakat melalui kelurahan atau desa kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertahanan (Disperkimtan) untuk dilakukan bedah rumah.

Menanggapi hal tersebut, Riza Anwari Kasi Perencanaan Pendataan Perumahan Disperkimtan Kabupaten Tabalong mengatakan bahwa semua usulan telah diterima baik dari masyarakat ataupun dari Dinas Sosial.

Dan kedepannya Disperkimtan akan melakukan verifikasi rumah-rumah yang telah diusulkan agar memudahkan pihaknya untuk melakukan perencanaan terkait anggran dan metode-metode apa saja yang akan dilakukan.

“selain melihat tingkat kerusakan, kami juga akan melihat status rumah itu sendiri, apakah lahan tersebut bener dimiliki orang yang tinggal dirumah tersebut” ujar Riza.

Ia juga mengatakan terdapat beberapa kriteria yang akan digunakan untuk menentukan apakah rumah tersebut bisa dilakukan bedah rumah atau tidak.

Salah satunya adalah kondisi rumah yang tidak layak huni seperti atap rumah yang bocor dan sanitasi yang tidak baik.

“kami harap ini bisa kami bantu secara penuh agar rumah tersebut bisa benar-benar keluar dari kategori rumah tidak layak huni”tambahnya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan penyusunan peraturan bupati untuk payung hukum kegiatan bedah rumah tersebut.

“nantinya semua kriteria bantuan, penerima bantuan tersebut dan metode pengerjaan itu akan kami tuangkan dalam perbup yang saat ini sedang dalam proses penyusunan” kata Riza.

Riza juga menjelaskan bahwa perbup tersebut akan akan selesai pada tahun 2108 .

“setelah perbup selesai, maka kegiatan tersebut bisa dilaksanakan” pungkasnya. (MCT/Gilang)

Ke Atas