Politik & Hukum

Partai Politik Baru Keluhkan Jadwal Kampanye

Daftar Partai Politik Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019

MediaCenter,Tabalong – Seperti yang diketahui bersama, Terdapat 14 partai yang telah diverifikasi dan mendapatkan nomor urut. Dari keempat 14 tersebut terdapat empat partai baru yang mengikuti pemilu legislatif 2019 yaitu partai PSI, Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan partai politik, bahwa proses tahapan pemilu legislatif 2019 akan dimulai pada tanggal 23 September 2018.

Oleh karena itu, sebelum memasuki tahapan pemilu, Partai-partai politik yang ikut ambil bagian dalam pemilu legislatif dilarang untuk melakukan sosialisai dari berbagai platform termasuk media sosial kecuali bersosialisai kepada sesama anggota partai politik tersebut.

Hal tersebut pun ditegaskan oleh, Fahmi Failasopa, Komisioner Panwaslu Tabalong yang mengatakan bahwa berdasarkan edaran KPU No. 612 sosialisasi hanya diperbolehkan dengan sesama internal partai politik.

“jadi parpol diperkenankan dengan memasang bendera partai politik beserta nomor urutnya yang dipasang di depan kantor DPD” Tegas Fahmi.

Sementara itu, Akhmad Rifani, Ketua DPD Partai PSI mengeluhakan peraturan tersebut yang dinilai membatasi pergerakan partainya yang merupakan partai yang pertama kali terjun ke pemilu legislatif.

“sementara partai –partai besar sudah memiliki nama” ujar Rifani ketika ditemui di Kantor DPD PSI Kabupaten Tabalong, Rabu (28/3).

Namun menanggapi hal tersebut, Irisandy Winata, Komisioner KPUD Tabalong menilai bahwa proses sosialisasi yang diberikan oleh KPU sudah terbilang panjang dalam memberikan informasi terkait partai politik termasuk calon-calon legislatifnya.

“waktu yang diberikan juga terbilang panjang,  peserta pemilu legislatif telah diberikan batasan waktu oleh KPU untuk memperkenalkan parpolnya kepada masyarkat” kata Irisandy. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas