Sosial & Budaya

Warga Desa Terpencil Senang Bisa Menelpon

Tanjung, InfoPublik – Setelah dibangun sekitar sebulan yang lalu, Tower Base Transmisson Station (BTS) sudah bisa dinikmati dan digunakan oleh warga desa purui, Kecamatan Jaro, Selasa (23/1).

Tower BTS ini merupakan tower yang berfungsi untuk menangkap sinyal telekomunikasi atau telpon yang kemudian bisa disebarkan ke daerah sekitar tower tersebut, sehingga warga sekitar yang tinggal di daerah tower BTS bisa mengguanakannya untuk menghubungi keluarga dan kerabat lainnya.

tower BTS yang tidak hanya dibangun di Desa purui ini, mendapat tanggapan menarik oleh masyarakat Desa Purui, salah satunya, Tofan, menurutnya, dengan masuknya sinyal ke desa mereka sangat membantu dirinya dalam melakukan pekerjaan. “sangat terbantu, karena kalo kerja saya harus nunggu konfirmasi dari teman, jadi saya ya perlu sinyal untuk menelpon.” ucapnya.

selain itu, Arbain kepala Desa Namun bersyukur dengan adanya BTS karena sangat mempermudah aktifitas warga untuk saling berbagi informasi “kalau dulu, warga desa perlu menempuh 3km menuju arah luar desa menggunakan sepeda ataupun ojek” ujar Arbain.

Hal tersebut sesuai dengan target dari PT. XL Axiata yang menjadi provider penyedia jaringan telekomunikasi di tujuh titik BTS yang diresmikan.

Vice President North Region PT. XL Axiata, Desi Sari Dewi mengatakan bahwa mereka kini lebih mengutamakan pembangunan di desa terpencil yang belum memiliki akses jaringan telepon. “dalam 2 tahun terakhir, kami telah membangun BTS di kota-kota terpencil seperti di sulawesi tenggara, tarakan dalam rangka mendukuing program pemerintah untuk pemerataan ekonomi melalui komunikasi” kata Desi.

Tower BTS dengan jenis perintis yang melayani jarigan 2G ini dibangun di tujuh lokasi pembangunan, yaitu Desa Purui, Desa Binjai, Desa Sungai Kumap, Desa Salikung, Desa Panaan, Desa Hegarmanah, dan Desa Dambung. (MC Tabalong/Sy)

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top