Sosial & Budaya

Bonus Diberikan, Atlet Tabalong Tersenyum

Tanjung,InfoPublik – Puluhan atlet Porprov X Kalimantan Selatan Tabalong 2017 menampakan wajah yang bahagia pada sore ini. Pasalnya, Bonus dari perolehan medali yang didapatkan pada gelaran porprov X Kalimantan Selatan pada bulan Oktober lalu secara resmi diberikan.

Penyerahan yang berlangsung di Pendopo Bersinar, Pembataan, Kamis (21/12) ini dihadiri langsung oleh Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani beserta unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong.

Seperti yang diketahui, bahwa berdasarkan janji bupati Tabalong pada pembukaan Porprov X Kalimantan Selatan lalu, jumlah bonus untuk atlet yang meraih medali emas adalah Rp. 20 juta, sementara medali perak sebesar Rp. 10 juta dan medali perunggu Rp. 5 juta. dan Tabalong berada diurutan ketiga klasmen dengan perolehan 56 medali emas, 65 medali perak, dan 76 perunggu.

Menurut, M. Hilmi Apdanie selaku Ketua Umum Koni Tabalong bahwa total bonus yang diberikan kepada atlet dan official adalah Rp. 3 miliar 25 juta dengan berdasarkan jumlah medali “jadi ada Rp. 2 miliar 252 juta untuk atlet, dan Rp. 500 juta untuk pelatih dan official” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa maksud jumlah bonus yang diberikan berdasarkan medali adalah tidak mengkalikan jumlah bonus per atlet baik itu perorangan maupun beregu “semisal sepak bola, karena medalinya ada satu perak namun jumlah atletnya banyak, perhitungannya tetap bonus satu medali perak kemudian dibagikan ke jumlah atlet tersebut.” jelas Hilmi

Namun, pada kesempatan ini, Ia memberikan informasi bahwa berdasarkan rapat internal, Koni Tabalong telah memutuskan bahwa khusus cabang olahraga Sepak Bola, Voli, Drumband, Futsal jumlah bonusnya akan dikalikan tiga. “jadi sepak bola tadi, total bonusnya ada Rp. 10 juta untuk medali perak maka akan dikali tiga menjadi Rp. 30 juta kemudian dibagi ke 23 atlet sepakbola” jelasnya lagi.

Sementara itu, Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani yang menyerahkan secara langsung bonus medali mengungkapkan bahwa total uang yang diberikan akan diserahkan dalam bentuk rekening tabungan.

Ia mengungkapkan alasan diberikan dalam bentuk rekening karena banyak atlet yang berprestasi masih berstatus pelajar “contohnya, ada atlet senam yang meraih tiga medali emas, dan satu perak itu totalnya Rp. 70 juta, dan masih dibangku SMP/Sederajat. Nah, tabungan ini bisa membantu dia untuk melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya mungkin ke perguruan tinggi” ungkap anang.

Selain itu, Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada atlet dan official yang sudah berjuang mengharumkan nama Tabalong. “meskipun awalnya kita berada dibawah klasmen, namum dengan kerja keras kita bisa finish di posisi ketiga” sampai anang.

Tetapi, untuk kedepannya Anang berharap pada gelaran Porprov berikutnya Tabalong bisa jauh lebih baik dari pada gelaran Porprov tahun ini, Ia telah memerintahkan KONI Tabalong untuk mengajukan proposal pembinaan atlet untuk empat tahun kedepan. “nanti pertengahan januari saya mengajak rapat, untuk mengevaluasi seperti cabang olahraga apa saja yang menjadi proritas, serta sarana dan prasarana apa saja yang diperlukan untuk memaksimalkan kemampuan atlet yang ada di Tabalong” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top