Sosial & Budaya

Penderita Buta Katarak Mendapat Pelayanan Kesehatan Operasi Katarak Secara Gratis

Tanjung-InfoPublik – Tingginya angka kebutaan katarak di Indonesia dan terbatasnya penanganan operasi katarak, PT MSW bekerjasama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri tergerak untuk berpartisipasi mengurangi penderita katarak melalui program Penanggulangan Buta Katarak.Minggu, (17/12).
Difasilitasi oleh Puskesmas Mabuun,Sebanyak 170 orang lebih pasien penderita buta katarak mendapat pelayanan kesehatan dengan menjalani operasi katarak secara gratis dimana kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang digelar PT.MSW bekerjasama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong sehingga nantinya penerima manfaat bisa terbebas dari kebutaan dan akan menjadi lebih produktif.
Komisaris PT MSW, Mohammad Effendi mengatakan bahwa pelaksanaan Operasi Katarak ini merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan PT adaro indonesai melalui CSR semenjak tahun 2004 dimana PT Adaro Indonesia sejauh ini telah berhasil mengobati kurang lebih enam ribu orang yang sudah menjalani operasi katarak mata.
“Maka dari itu, PT.MSW berinisiatif untuk memilih katarak sebagai satu program dari CSR ,karena berdasarkan informasi bahwa setiap tahun kasus katarak terus bertambah sebayak 0,1persen dari jumlah pendududk indonesia dengan rata2-rata sekitar 250 ribu orang pertahun.”Katanya
Lanjutnya, kemampuan dalam melakukan operasi katarak masih berkisar sekitar 180 ribu orang pertahunnya, sehingga setiap tahunnya secara nasional, sedangkan kita mempunyai deadlock atau kekurangan sekitar 70 orang pertahunnya.
“Dengan informasi terbaru tersebut, maka katarak menjadi perhatian khsusus , karena bila dilaksanakan dengan baik nantinya akan memberikan dampak fositif bagi kehidupan sosial dan ekonomi khususnya untuk masyarakat yang berada diwilayah operasi PT MSW yang ada di Kabupaten Tabalong.”Tambahnya.
Selain itu untuk ide dalam kegiatan ini tergolong relatif singkat dimana awal november sudah direncanakan sedangkan pelaksanaan di bulan desember, “ jadi bagi semua masyarakat yang ,mengalami yang bisa mengikuti dipersilahkan dimana total keseluruhan nantinya mencapai 190 pasien.”Pungkasnya.
Selain itu, Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri ,Okty Damayanti menyampaikan bahwa proses penyelenggarakan kegiatan ini cukup unik karena dalam kurun waktu dua minggu akhirnya tercapai kesepakatan dan terlaksannya kegiatan sosial yaitu operasi katarak gratis dalam waktu cepat.
“ Tentu saja kegiatan ini terselanggara atas dukungan penuh dan kerjasama pihak yang terkait yaitu Dandim 1008, Puskesmas , serta fundamentality dari tim PT MSW dan YABN tinggi, karena tidak ada yang tidak mungkin atas ijin Tuhan walaupaun dengan waktu singkat pasti akan terealisasi asalkan dilakukan secara bersama-sama.”Bebernya.
Sementara itu Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang pemabngunan ,Hj Hamidah menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada PT MSW,YABN dan pihak terkait yang telah mendukung dan memprogramkan bakti sosial Operasi Katarak gratis ini.
“Diharapkan dengan kegiatan ini mampu mengurangi angka kebutaan akibat katarak khususnya di Kabupaten Tabalong ,sehingga hak untuk melihat yaitu penurunan angka kebutaan katarak sekitar 25 persen hingga tahun 2020 yang dicanangkan organisasi Kesehatan dunai WHO dapat tercapai.”Pungkasnya.
Hadir diacara tersebut, diantaranya Manager CSR PT.Adaro Energy, perwakilan Dinas Kesehatan Tabalong, Kodim 1008 Tanjung, perwakilan Polsek Murung Pudak, Camat mabuun, Management PT Adaro Indonesia, dan Pasien . MC Tabalong/Said

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top