Sosial & Budaya

Pekan raya Tabalong secara resmi ditutup oleh Bupati Tabalong

Pekan Raya Tabalong khirnya resmi ditutup Oleh Bupati Tabalong dalam rangkaian HUT ke 52 Kabupaten Tabalong
Tanjung,InfoPublik – Pekan Raya Tabalong yang dilaksanakan selama tujuh hari dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tabalong yang ke-52 tahun 2017 akhirnya secara resmi ditutup oleh Bupati Tabalong, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah ,A.M Sangadji di Halaman Expo Tanjung, (5/11) tadi malam.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Sekda Kabupaten Tabalong, A.M Sangadji mengatakan bahwa ini tahun kedua dalam memanfaatkan Halaman Expo Center sebagai lokasi pameran atau Pekan Raya Tabalong dengan tujuan selain untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tabalong juga untuk menginformasikan apa yang telah dibangun dan dicapai dalam tahun ini, dan apa yang kita capai selama 52 tahun melalui Kegiatan Pekan Raya Tabalong ini.

“Kegiatan ini selain untuk peringatan HUT Tabalong ,Pekan Raya Tabalong ini bertujuan dalam rangka menginformasikan kepada masyarakat tentang layanan yang dilaksanakan oleh pemkab Tabalong sekaligus juga sebagai wahana,alat untuk mendapatkan masukan dari masyarakat, Dan dengan masukan tersebut tentunya setahun kedepan akan meningkatkan serta memperbaiki baik segi pelayanan maupun pembangunan.”Katanya.

Disamping itu, Pekan Raya Tabalong yang dilaksanakan mulai tanggal 29 sampai 5 desember 2017 ini sekaligus untuk memperkenalkan produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sehingga apa yang dihasilkan UMKM bisa diketahui dan produknya bisa dibeli oleh masyarakat kita maupun diluar daerah sehingga UMKM bisa berkembang.

Terlepas dari itu ,ia mengatakan untuk omzet walaupun mengalami penurunan yang sangat tipis dari tahun lalu tidak berkecil hati sebab pada omzet pada tahun lalu sekitar 2, 7 Milyar itu sudah termasuk properti ditambah dengan stand yang lebih banyak dari tahun ini.

“Dibandingkan tahun ini, kalau dilihat hampir bisa dikatakan tetap dan bertahan untuk omzetnya, sebab tahun ini tidak menggunakan properti, jadi selisih tersebut sudah tertutupi dengan hal itu, bahkan bisa dibayangkan bahwa tahun ini semakin meningkat dengan terlihat daya beli masyarakat yang cukup tinggi.”tuturnya.

Sementara itu dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Helman selaku penyelenggara kegiatan ,mengucapkan terimakasih atas partisipasi baik dikalangan pemkab Tabalong, Masyarakat, dan unsur lainnya atas terlaksananya kegiatan Pekan Raya Tabalong ini.

“Pada Pekan Raya Tabalong tahun ini ada dua yang membedakan dan menjadi ciri dibanding dengan Expo tahun kemarin, dimana pada expo sekarang adanya klinik bisnis yang bekerja sama dengan HIPMI Tabalong,serta adanya Talkshow dan seminar tentang pemberdayaan ekonomi ummah serta forum bisnis”Bebernya.

Dijelaskannya, pada Pekan Raya Tabalong 2017 ini ,jumlah stand dan tenda yang terisi sebanyak 85 buah dan omzet pada hari kelima jumlah transaksi sebesar , 2, 636 juta rupiah, dibandingkan dengan Tabalong Expo tahun 2016 memang ada sedikit penurunan sekitar 3 persen, karena Expo tahun 2016 total dana transaksi sebesar, 2,717.755 ribu rupiah.
Ini sejalan dengan jumlah stand yang tersedia karena pada tahun 2016 terisi 105 stand dan tahun ini hanya 85 stand, berarti beda 20 stand , artinya korelasi atau timbal balik dengan pendapatannya.

“Namun tidak berkecil hati penurunan sebesar tiga persen itu masih dibuktikan dengan daya beli masyarakat yang cukup tinggi, dan tentunya juga akan mendongkrak geliat ekonomi bagi para pelaku usaha daerah maupun di dunia investasi di Kabupaten Tabalong

Diakhir acara Sekda dan Panitia penyelenggara menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang untuk stand terbaik kelompok Dinas ,Badan dan kantor diraih oleh RSUD Badaruddin Tanjung,dan kelompok instansi vertikal ,BUMN,BUMD terbaik diraih oleh PDAM Tanjung, sedangkan kelompok organisasi untuk stand terbaik diraih oleh PKK Kabupaten Tabalong.

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top