Sosial & Budaya

Bupati Tabalong Serahkan Bantuan ke Veteran

Tanjung – Peringatan Hari Pahlawan yang digelar Pemerintah Kabupaten Tabalong di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Jumat (10/11) kemarin dilengkapi dengan penyerahan santunan dan bahan pokok kepada para veteran dan janda veteran.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani usai menjadi inspektur upacara peringatan hari besar nasional itu, langsung menyerahkannya sendiri dengan didampingi istri, Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani, berikut sejumlah pejabat lainnya. Diantaranya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong H Darwin Awi.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong yang memprogramkan pemberian bantuan tersebut. Setidaknya itu sebagai penghargaan kepada mantan pejuang kemerdekaan, berikut istri yang kini janda, karena setia mendampingi suami berjuang.

Kepala Dinsos Kabupaten Tabalong, H Yuhani menjelaskan, ada sebanyak 61 orang veteran dan janda veteran yang mendapatkan bantuan. “Bantuan dibagikan berupa bahan pokok, sarung dan uang sebesar Rp300ribu,” katanya.

Pemberiannya sengaja dilakukan setiap tahun, bertepatan pada event-event peringatan hari besar nasional.

“Mudahan bisa membantu meringankan kebutuhan sehari-hari veteran dan janda veteran. Walau jumlahnya kecil, paling tidak ada nilainya di hadapan mereka,” imbuhnya.

Dalam penyerahan bantuan memang tidak seberapa veteran dan janda veteran yang datang menghampiri bupati dan pejabat lainnya di acara peringatan Hari Pahlawan. Pasalnya, sebagian besar mereka sudah sangat tua dan terpaksa hanya bisa berdiam diri di rumah.

Meski demikian, Dinsos mengupayakan bantuan yang diserahkan akan diberikan hingga sampai ke tangan mereka. Sebab, itu paling tidak sebagai tanda jasa atas perjuangan yang dilakukan untuk negeri ini.

Bahan pokok yang diserahkan bupati ke veteran cukup beranekaragam. Diantaranya terdapat sarden, minyak goreng, susu, teh kotak dan lain-lain yang dikemas per paket dalam keranjang.

Sementara dalam peringatan Hari Pahlawan, bupati menyampaikan sambutan dari Menteri Sosial RI Khofifah Indra Parawansa. Sambutan itu didengarkan oleh seluruh pasukan upacara, yang diantaranya adalah pelajar, mahasiswa, aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri. (MC Tabalong/ibn)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

310239
Users Today : 501
Users Yesterday : 803
This Month : 15658
Total Users : 310239
Views Today : 1809
Total views : 2047681
Who's Online : 5

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/