Sosial & Budaya

Mabuun Akan Jadi Pusat Perdagangan Modern Tabalong

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Rowi Rawatianice mengatakan, pihaknya akan mengembangkan Kelurahan Mabuun menjadi pusat perdagangan modern yaitu Tanjung Town Square.

“Tahap akhir rencana induk pengembangan kawasan Mabuun sudah disampaikan pihak konsultan bersaman satuan kerja terkait lainnya dan pembangunan infrastruktur mulai dilaksanakan 2020,” jelas Rowi di Tanjung, Minggu.

Mabuun merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemerintah Kabupaten Tabalong pun mulai menyiapkan pembebasan lahan secara bertahap mulai 2019 dan 2010 untuk mewujudkan Tanjung Town Square (Tatos) di wilayah itu.

Rowi menambahkan dalam pembuatan Rencana Induk Pengembangan Kawasan Mabuun menjadi pusat perdagangan modern, pemerintah daerah menggandeng PT Matra Estetika Rekayasa.

Lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan kawasan itu mencapai 40 hektare di sekitar Tanjung Expo Center hingga ke Gedung DPRD Tabalong.

Selain sebagai pusat perdagangan modern, kawasan itu juga dijadikan pusat perbelanjaan ritel, pasar tradisional hingga pusat kuliner dengan didukung ruang terbuka hijau yang saat ini sudah tersedia.

“Tanjung Town Square nantinya juga disiapkan untuk kawasan permukiman selain sebagai pusat perbelanjaan,” ungkap Rowi.

Rencana pembangunan kawasan perdagangan modern sendiri mulai dicanangkan sejak tahun anggaran 2015 dengan tujuan mengoptimalkan keberadaan Mall Athaybah Mabuun yang sempat terlantar cukup lama. Anta Kalsel

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top