Sosial & Budaya

35 Desa Sanggupi Stop Buang Hajad Sembarangan

Tanjung- Sebanyak 35 desa di Kabupaten Tabalong, Balangan dan Barito Timur menyatakan siap melaksanakan Open Defecation Free (ODF) atau Buka Buang Bebas.

ODF ialah istilah lain yang digunakan untuk program Stop Buang Air Besar Sembaranganyang kini tengah digalakan oleh pemerintah dan berbagai pihak.

Deklerasi ke 35 desa terhadap pelaksanaan ODF ini, digagas dan dilaksanakan oleh yayasan Adaro Bangun Negri dalam rangkaian acara Festival Dangsanak Adaro mengelar di Taman Giat Kota Tanjung, Kamis (19/10).
Acara ini sendiri, dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Kristin Darundiyah, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Pimpinan SKPD Kabupaten Tabalong, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dan Barito Timur, Pimpinan PT Adaro Indonesia, Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri dan Lainya.
Perwakilan Kementrian Republik Indonesia Kristin Darundiyah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dijalankan Yayasan Adaro Bangun Negeri karena program ini merupakan program Nasional.
“Adanya kegiatan STBM di Tabalong adalah bentuk salah satu komitmen Tabalong untuk menjadi kabupaten sehat, diharapkan nantinya kegiatanlainya juga terus diadakan agar Kabupaten Sehat tercapai guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri,”jelasnya.

Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri Okty Damayanti mengatakan, dalam terselenggarakan acara deklarasi STBM ini merupakan apresiasi dari Yayasan Adaro Bangun Negeri untuk masyarakat yang sudah mau merubah perilakunya untuk hidup bersih dan sehat.

“STBM adalah bagaimana suatu perubahan perilaku bagaimana suatu masyarakat berubah, dengan adanya STBM perubahan perilaku masyarkat menjadi lebih kompak, malu untuk buang air besar sembarangan. Yayasan Adaro Bangun Negeri terus memberikan pendampingan secara konsisten dan terus menerus kepada seluruh masyarakat untuk menjadikakan masyarakat yang ODF,” tegasnya.

Bupati Tabalong HAnang Syakhfiani dalam sambutanya mengatakan, diharapkan terwujudnya ODF di Kabupaten Tabalong yang terdiri dari 12 kecamatan di 121 Desa pada tahun 2019 mendatang.

“Dengan adanya STBM merubah perilaku hidup sehat masyarakat dalam mewujudkan peningktan indeks pembangunan manusia,”jelasnya. (Metro7/MC Tabalong/Mona)

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top