Sosial & Budaya

Dinas Pertanian Tabalong Gelar Pasar Agribisnis

Tanjung, InfoPublik – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan PT Adaro Indonesia menggelar pasar agribisnis (pasar tani) untuk membantu masyarakat mendapatkan produk pangan dengan harga murah.

Pasar agribisnis salah satu kegiatan yang perlu dikembangkan lagi, kedepan berkolaborasi dengan beberapa pihak, sehingga ada satu wadah bagi petani untuk memasarkan hasil produknya.
Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong mempunyai prinsip petani mendapatkan harga yang layak, sementara konsumen mendapatkan harga yang murah.
“Sengaja kita lakukan pasar agribisnis ini untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang murah. Yang penting lagi bagaimana bisa menekan harga di pasar yang masih tinggi, sebab produk yang dijual di pasar agribisnis ini dibawah harga pasar,” sebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong H Johan Noor Effendi, pada kegiatan pasar agribisnis di Taman Giat Kota Tanjung, Selasa (17/10).

Selanjutnya Johan menjelaskan, sudah menjadi kesimpulan kegiatan pasar agribisnis akan dilanjutkan. Tetapi perlu penjadwalannya dan tempatnya yang perlu diatur. Menentukan tempat yang pas untuk menjual hasil produk-produk petani tersebut. Juga sangat perlu ditentukan seminggu, dua minggu, atau satu bulan kegiatan pasar agribisnis ini dilaksanakan.

Dalam pasar agribisnis tersebut didukung kerjasama kawan-kawan dari PT Adaro Indonesia (YABN) mereka sangat peduli dengan kegiatan pertanian, di Kabupaten Tabalong yang juga merupakan binaan pihaknya, sehingga lahirlah kegiatan yang namanya pasar agribisnis. “Pasar ini kita menjual berbagai produk hasil petani lokal Kabupaten Tabalong,” ungkapnya.

Seperti sayur mayur, ikan, bibit sayuran, makanan olahan, minuman kopi organik, gula aren, kue dan banyak produk lain juga binaan dinas terkait dijual di pasar agribisnis. “Semua barang yang dijual di pasar agribisnis adalah produk lokal atau tanaman pangan kita. Apa yang kita lakukan semoga menjadi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Tabalong,” tambahnya.

Secara terpisah Manajemen PT Adaro Indonesia melalui Indra Darwawan menjelaskan, pasar agribisnis diselenggarakan agar para petani binaan seperti perikanan, pertanian dan perkebunan dapat menunjukan langsung hasil pertanian mereka. Dengan tujuan, memberi tau kepada masyarakat bahwa petani sudah mampu memproduksi barang dengan kualitas terbaik. Mereka juga sudah mampu untuk memenuhi pesanan, justru memenuhi pesanan diluar Tabalong. Kepada masyarakat yang sudah membeli produk hasil pertanian dari luar daerah sudah ada di Kabupaten Tabalong, katanya.

Sedangkan para petani yang menjual hasil produk di pasar agribisnis merupakan tiga kolaborasi dari binaan Pemerintah Daerah, binaan YABN, dan binaan PT Adaro Indonesia.
Setelah ini, selanjutnya pasar agribisnis akan menjadi kegiatan rutin. Sudah ada kesepakatan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, minimal satu bulan sekali melaksanakan pasar agribisnis, terjadwal, dan tempatnya strategis.

Para petani binaan selain mengembangkan pemasaran yang luas, peningkatan kualitas, yang paling utama adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan pengetahuan. Untuk pengembangan usaha mereka dibantu sarana prasarana produksinya. “Mudah-mudahan kedepan berjalan lancar secara berkesinambungan, tentu juga menjadi harapan petani kita. Pasar agribisnis mampu memfasilitasi dan menjadi wadah bagi masyarakat yang membutuhkan hasil tani,” pungkasnya.
(MC Tabalong/ranmdt).

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top