Sosial & Budaya

Cabor Aeromodeling di Porprov Terkendala Cuaca

PROKAL.CO, BANJARMASIN – Kesulitan dihadapi oleh panitia pelaksana pertandingan cabang olahraga aeromodelling Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel 2017 di Kabupaten Tabalong. Sebagaimana diketahui, bulan Oktober ini sedang dilanda musim hujan dan angin kencang. Hal ini diyakini bisa memberikan pengaruh yang kurang menguntungkan buat cabor keahlian menerbangkan pesawat remote control tersebut.

Wawan, panitia pelaksana cabor aeromodelling Porprov X Kalsel 2017 Kabupaten Tabalong menuturkan pihaknya khawatir kurang bersahabatnya cuaca ini bisa berpengaruh negatif terhadap kelancaran pelaksanaan cabor aeromodelling. “Sebagaimana diketahui, sekarang hujan dan angin kerap menerpa daerah Kalsel. Di Kabupaten Tabalong sendiri, hujan dan angin kencang datang pada saat menjelang sore hari. Kalau cuaca buruk, tentunya tak bisa menerbangkan pesawat,” ungkap Wawan.

Ditambahkan Wawan, kondisi cuaca yang tak menentu bisa dibilang akan menimbulkan force majeur atau kendala yang tak diduga. Apalagi, venue aeromodelling di kawasan Bandara Warukin memang kerap ditutup kalau cuaca sedang tak bersahabat. “Nanti akan kami koordinasikan kembali dengan pihak peserta. Karena, pelaksanaan pertandingan aeromodelling tak dipungkiri sangat tergantung dengan kondisi cuaca,” ujarnya.

Wawan menceritakan pertandingan cabor aeromodelling dimulai pada 8-10 Oktober. Ada dua nomor pertandingan yang dilaksanakan. Yakni, F3R, phylon race seed A dan seed B, serta Out Hand Launch Glider (OHLG). “Ada lima daerah yang berpartisipasi. Yakni, Kabupaten Tabalong, Kabupaten HSS, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Kotabaru. Pada Porprov Tabalong inilah untuk pertama kalinya cabor aeromodelling dipertandingkan,” sambungnya.

Sementara itu, Agus, salah satu atlet aeromodelling Kabupaten Tabalong mengaku sangat antusias mengikuti pertandingan cabor yang satu ini. “Rasanya sudah tidak sabar lagi untuk bertanding. Mudah-mudahan cuaca mendukung, sehingga semua peserta bisa menampilkan keahlian terbaiknya masing-masing. Untuk Porprov tahun ini, target kami dua emas dan dua perak,” sebutnya.(oza/jy/arh)

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top