Tanjung, Infopublik – Kegiatan temu kader Posyandu dan Jambore Kader Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kalimantan Selatan menjadi ajang pembuktian bagi TP PPK Kabupaten Tabalong sebagai TP PKK terbaik se Bumi Antasari.

Dalam kegiatan yang diikuti 260 orang peserta yang berasal dari kader PKK dari 13 kabupaten atau kota se-Kalsel pada, Sabtu (23/9/2017) di Banjarmasin tersebut, kontingen TP PKK Tabalong menjadi juara umum dengan menjuarai enam kategori lomba dari 11 kategori lomba yang dilaksanakan.

Acara temu kader Posyandu dan Jambore Kader yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kalsel Raudatul Jannah ini, juga turut langsung dihadiri oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan, peran kader PKK dan kader posyandu merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Dimana keberadaan PKK, kata Sahbirin, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan bathin.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, mengharapkan agar kader PKK secara berjenjang dapat semakin intensif dan terpadu dalam memasyarakatkan dan mengaplikasikan gerakan PKK di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Sehingga dapat memberikan efek ganda dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keluarga.

“Keberadaan kader PKK sangat dibutuhkan untuk menopang dan mendukung pembangunan yang berdimensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong, Syarifah Syifa mengatakan, apa yang diraih ini merupakan hasil kerja keras semua anggota TP PKK Tabalong termasuk para kader.
Lewat prestasi ini, kata Syarifah, akan dijadikan pihaknya sebagai motivasi lebih melakukan pembinaan bagi keluarga dan masyarakat Tabalong.

“Kami akan terus berusaha memajukan dan mensejahterakan masyarakat Tabalong lewat pembinaan keluarga melalui PKK,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong)