Sosial & Budaya

Apel Gabungan Sekaligus Peluncuran Buku Panglima Dambung

Tanjung,InfoPublik – Kegiatan apel gabungan yang rutin dilaksanakan setiap hari senin (25/9) menjadi berbeda dari biasanya , karena diawali dengan pembacaan sinopsis buku yang berjudul “Panglima Dambung “ yang dilaksanakan di Taman Giat Tanjung.

Dalam Amanatnya, Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani menyampaikan bahwa dalam apel yang dilaksanakan pada kali ini sekaligus peluncuran buku “Panglima Dambung” yang ditulis oleh Ahmad Tajudin Noor alias Udin Baco .

Buku ini menceritakan suatu kelompok suku dikalimantan untuk mempertahankan areal daerah dan kekuasannya,dimana terjadi perseteruan atau peperangan. yang uniknya justru adanya cinta anak –anak suku dayak ini yang akhirnya menyatukan dan menghentikan perseteruan dari keempat suku dayak,dayak Deah, Dayak Lawangan, dayak Bawoh, dan dayak Maanyan.

Dari peluncuran buku ini, Bupati Anang ingin menggaris bawahi “ buku ini bisa terbit, karena dilihat dari segi kemampuan dan produktif beliau dalam menulis buku , dan juga puisi – puisi ”katanya.

Ia juga menghimbau kepada peserta apel , bahwa menulis itu bukan pekerjaan yang mudah,baik itu menulis buku, menulis telaahan staf , menulis naskah surat dinas ,karena masih banyak dalam menulis telaahan staf, dan naskah surat dinas yang tidak sesuai dnegan maksud dan tujuannya.

“ Budayakan lah menulis ,tidak hanya buku tapi menulis yang lainnya, Tambahnya lagi.

Di sisi lain Bupati Anang juga menyampaikan bahwa Kabupaten Tabalong akan menjadi tuan rumah peringatan hari ulang tahun Persatuan Wredatama Republik Indonesaia , (PWRI) Se- Kalimantan Selatan pada hari selasa nanti.

“PWRI sendiri merupakan wadah atau tempat berhimpun yang disiapkan untuk Pegawai Negeri Sipil pada saat pensiun.”Ujarnya.

Dalam Kegiatan tersebut nantinya akan ada ramah tamah dan dan dilanjutkan dengan jalan santai, dan acara puncaknya sendiri akan dilaksanakan di Gedung Serabakawa, yang akan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan.

“Ini pertama kalinya kegiatan ulang tahun PWRI ini dilaksanakan diluar ibu kota provinsi yang dihadiri oleh seorang Gubernur .Pungkasnya.

Dalam Apel Tersebut dihadiri oleh SKPD Tabalong, dan para jajaran pejabat Pemkab Tabalong.(Mc Tabalong/Sy)

Ke Atas
Konten Dilindungi!