Tanjung, InfoPublik – PT Adaro Indonesia bekerja sama dengan perkumpulan Pusaka mengelar pelatihan pembuatan pupuk organik dalam Program Gerakan Rumah Tangga Berkebun Organik, di Desa Binturu , Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong,  Senin (18/9).

Gerakan rumah tangga berkebun organik  adalah salah satu dalam usaha mendorong ketersediaan bahan pangan sehat untuk rumah tangga melalui usaha berkebun organik.

Adapun program tersebut bekerjasama  antara pihak swasta, organisasi pendamping, dan kelompok swadaya masyarakat, dan  melibatkan unsur masyarakat .

Ketua perkumpulan Pusaka, Firman Yusi, menjelaskan, dalam menggelar pelatihan ini diharapkan masyarakat memanfaatkan sampah organik rumahnya  untuk diolah menjadi pupuk organik, dan kemudian menggunakannnya  juga untuk berkebun organik di pekarangan.

“Otomatis ada dua hal yang menjadi manfaat program, pertama menangani sampah organik dan kedua menyediakan bahan pangam sehat di pekarangan,”jelasnya.

Nantinya selama  beberapa bulan ke depan perkumpulan pusaka akan mendampingi sedikitnya 10 rumah tangga untuk berkebun organik di pekarangan.

Program yang sama pada Tahun 2017 akan dilakukan di empat  desa lainnya se-Kabupaten Tabalong dengan harapan menjadi embrio kampung organik baru di Tabalong. (MC Tabalong/Mona/toeb)