Sosial & Budaya

Program Bumdes mart Akan Segara Berjalan

Program Pemkab Tabalong “ Bumdes Mart” dengan membangun 121 buah Mini Market di Desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mulai direalisasikan.
Program dalam rangka upaya untuk mensejahterakan masyarakat di pedesaan ini, akan dilaunching pada 1 Desember 2017 nanti bertepatan peringatan hari jadi kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, keberadaan Bumdes mart nanti tidak akan menjadi pesaing atau akan mematikan usaha sejenisnya, akan tetapi akan menjadi mitra usaha.
Program Bumdes mart ini, kata Bupati, juga akan dikaitkan penyaluran Beras Gratis Sejahtera (Rasta) maupun program keluarga harapan (PKH).

“Untuk program Rasta kedepan nantinya jatah beras gratis akan diupayakan beras lokal yang dibeli dari petani di Tabalong oleh Bumdes, sehingga diharapkan disamping petani bisa sejahtera perekonomian di pedesaan juga bisa berkembang,” bebernya.

Program Bumdes Mart ini pun disambut antusias oleh masyarakt. Salah satunya oleh Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanta yang sudah membangun gedung Bumdesnya guna menjalankan program Bumdes Mart tersebut.
Menurut Kepala Desa (Pembakal) Pamarangan Kiwa H Pauzi, pihaknya sengaja membangun bangunan Bumdes bertingkat yang nanti rencananya akan digunakan untuk kantor Bumdes sekaligus Mini Market sesuai program Bumdes Mart.
Bangunan dengan ukuran 8 x 4 meter ini, kata Pembakal, dibangun secara bertahap yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2016 dan 2017.
“Dengan bangunan yang sudah ada ini, kami siap menjalankan program Bumdes Mart dengan mendirikan Mini Market Pedesaan,” pungkasnya. (Metro7/via/MC Tabalong)

Mitra Kerja Media Center Tabalong :

Copyright © 2019 Media Center Tabalong

To Top